bar-merah

Jangan abaikan 4 hal ini saat bersepeda

Bersepeda (Foto: Tesa Senduk/zonautara.com)

ZONAUTARA.com – Bersepeda kini menjadi olahraga yang tengah digemari banyak orang, termasuk mereka yang sebelumnya tidak rutin bersepeda kini menjadi hobi.

Bersepeda atau biasa disebut gowes memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik bagi jantung maupun bisa mendukung untuk mengontrol berat badan agar tetap sehat.

Selain itu juga, bersepeda dapat meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki tanpa terlalu menekannya, terutama bagian paha depan, glutes, paha belakang, dan betis.

Bagi kalian yang kini gemar bersepeda, ada beberapa hal yang harus diperharikan agar tidak mengalami masalah saat sedang gowes.

Bersepeda (Foto: Tesa Senduk/zonautara.com)

Biasanya yang mengabaikan hal-hal ini adalah seorang yang masih baru bersepeda, atau masih amatir. Berikut ini hal-hal yang sering diabaikan pengendara sepeda:

  1. Asal memilih sepeda

Sepeda memiliki banyak sekali jenis dan ukuran. Jenis sepeda ini, memiliki desain dan fitur yang disesuaikan dengan medan atau kondisi jalanan yang akan dihadapinya. Sayangnya, banyak pengendara yang hanya memilih sepeda berdasarkan model yang sedang trend atau disukainya saja.

Sehingga, ketika mereka gunakan sebagai alat transportasi sehari-hari menjadi kurang nyaman dikendarai. Sementara, ukuran sepeda dibuat seragam agar dapat disesuaikan dengan postur tubuh pengendaranya.

Namun, banyak yang tidak begitu memperhatikan hal ini dan memilihnya secara asal. Padahal, memilih ukuran sepeda yang tepat akan meminimalisasi cedera saat terjadi kecelakaan.

  1. Tidak menggunakan perlengkapan keselamatan

Menggunakan perlengkapan keselamatan sangatlah penting, karena dapat mengurangi cedera saat terjadi kecelakaan. Namun, banyak yang merasa malas untuk menggunakannya hingga terkadang harus mengalami luka serius saat mengalami kecelakaan.

  1. Sembarangan mengotak-atik sepeda

Pengendara sepeda yang sudah sangat sering menggunakan sepedanya, terkadang merasa sudah sangat ahli dan senang mengotak-atik sepedanya. Dengan adanya setting yang baru pada sepeda, secara tidak langsung akan merubah cara pengendara dalam mengendarai sepedanya. Namun yang sering mereka lupakan adalah, terkadang pengendara sudah terbiasa dengan setting sepeda yang lama.

Ketika mendadak terjadi sesuatu dan pengendara harus merespons dengan cepat, maka pengendara akan merespon dengan cara yang sama tanpa menyadari bahwa setting pada sepeda telah berubah. Hal ini sangatlah berbahaya, apalagi jika setting yang diubah adalah rem sepeda.

  1. Tidak membawa minum

Saat bersepeda, ingatlah selalu untuk membawa minum agar pengendara tidak mengalami dehidrasi. Namun, banyak pengendara yang mengabaikan hal ini hanya karena malas atau merasa ribet.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com