bar-merah

Kenali bahasa tubuh sebagai tanda ketika kamu dibohongi

zonautara.com
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Setiap hari kita pasti berinteraksi dengan orang-orang disekitar kita. Mulai dari keluarga, pasangan, teman, sahabat, ataupun rekan kerja. Tidak jarang juga pastinya kamu akan bertanya-tanya tentang kejujuran seseorang.

Nah, bicara tentang kejujuran, tidak akan kamu ketahui hanya dengan mengandalkan perkataan dari lawan bicaramu. Kamu bisa coba mengenali bahasa tubuh seseorang.

Meski seseorang bisa memanipulasi ucapannya dengan mudah, hal ini tidak berlaku untuk cara seseorang menunjukkan bahasa tubuhnya.

Menurut para ahli, bahasa tubuh ditunjukkan secara alami ketika seseorang menyampaikan informasi, yang tidak tersampaikan dengan kata-kata. Karena merupakan respon alami, biasanya seseorang tidak akan terlalu fokus untuk mengendalikannya.

Berikut 8 bahasa tubuh yang biasanya ditunjukkan seseorang ketika sedang berbohong.

1. Menjilat atau menggigit bibir

Orang yang terpaksa berbohong akan sulit berbicara karena mulut mereka menjadi sangat kering. Sederhananya, ketika seseorang merasa tertekan, sistem saraf otonom akan menurunkan produksi air liur.

Cobalah untuk menawarkan segelas air untuk orang ini, kemungkinan ia akan meminumnya dengan rakus dan cepat.

2. Menahan bahu dan mendongakan dagu

Jika seseorang menahan bahu ketika mengatakan sesuatu padamu, hal ini bisa mengindikasikan bahwa dia sedang merasa insecure tentang perkataannya sendiri. Hal yang sama berlaku pada gerakan dagu.

Ketika seseorang sedang berbohong, dia akan berusaha membuat kata-katanya terdengar kuat sehingga dagunya akan tampak mendongak secara otomatis.

3. Menjaga kedua mata terbuka lebar

Secara psikologi, ketika seseorang sedang berbohong maka dia tidak akan dapat mempertahankan kontak matanya terlalu lama.

Namun, untuk lebih meyakinkan kadangkala orang juga akan mencoba menatapmu lebih intens saat sedang berbohong.

4. Mengarahkan jari telunjuk padamu

Menunjukkan jari dianggap sebagai salah satu gerakkan paling agresif. Jika seseorang menanggapi pertanyaanmu dengan gerakan seperti ini, maka mereka mungkin sedang berpura-pura marah.

Selain itu, reaksi tersebut juga menjadi salah satu cara agar seseorang meyakinkanmu bahwa pertanyaan atau tuduhan yang kamu lontarkan tidak benar.

5. Memiringkan kepala

Charles Darwin memperhatikan bahwa manusia, seperti halnya hewan, akan memiringkan kepala jika merasa sangat tertarik terhadap sesuatu.

Ketika berbohong, seseorang akan memiringkan kepala untuk lebih mengulur waktu.

6. Menarik kerah atau menyentuh leher

Sikap umum lainnya adalah gerakan menggosok leher. Meski terlihat seolah sedang memikirkan pertanyaanmu, tapi dalam bahasa tubuh gerakan ini menunjukkan bahwa seseorang tidak sependapat dengan ucapanmu.

7. Berpegangan pada suatu benda

Karena perasaan tertekan ketika berbohong seseorang akan cenderung merasa tidak stabil. Mereka akan coba untuk bersandar atau memegang sebuah benda untuk lebih menstabilkan gerakan tubuhnya.

8. Membetulkan atau merapikan tampilan

Perilaku ini biasa terlihat pada para wanita ketika mereka merasa tidak nyaman untuk menjawab sebuah pertanyaan. Memainkan rambut atau merapikan tampilan adalah gestur mereka untuk terlihat lebih percaya diri.

Nah, begitulah kurang lebih gerakan-gerakan yang bisa kamu perhatikan ketika seseorang sedang berbohong. Namun, bahasa tubuh tidak semudah ucapan. Bahasa tubuh seseorang biasanya lebih kompleks.

Kamu tidak bisa hanya fokus pada gerakan-gerakan tertentu, tapi cobalah memperhatikan dan menganalisa gerakan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa bahkan akan memiliki respon bahasa tubuh yang berbeda beda untuk setiap orang. Sehingga pastinya kamu akan lebih paham jika orang itu adalah seseorang yang lebih kamu kenal dibanding orang baru.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com