bar-merah

Mengenali apa saja hal dalam kendali dan di luar kendali anda

ZONAUTARA.com – Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu memiliki hal-hal dalam lingkup kendali kita dan hal yang di luar lingkup kendali kita.

Lingkup kendali kita adalah hal-hal yang berada di bawah kuasa kita untuk kita atur sesuai keinginan atau naluri. Sebaliknya, hal di luar kendali adalah hal-hal yang mungkin memengaruhi kita tapi tidak berada di bawah kuasa kita untuk diatur.

Banyak orang menderita karena terlalu mementingkan atau ingin mengubah hal-hal yang berada di luar kendalinya. Dampaknya justru adalah kehilangan kendali pada hal-hal yang sesungguhnya berada di bawah kendalinya, atau lebih tepatnya, kehilangan jati dirinya.

Pada kasus-kasus tertentu bahkan seseorang bisa mengalami gangguan panik dengan detak jantung tidak beraturan, nafas sesak, kepala terasa berputar, ulu hati sakit, gemetar, hingga kaki lemas yang disertai dengan rasa takut pingsan dan takut mati yang berlebihan.

Ayo coba belajar untuk mengenali apa yang berada di bawah kendali dan di luar kendali kita. Hal-hal yang berada dalam kendali kita di antaranya apa yang kita katakan, apa yang kita lakukan, apa nilai dan tujuan yang ingin dicapai, untuk apa dan dengan siapa kita akan menghabiskan waktu.

Selain itu, juga termasuk pandangan dan opini, selfcare, batasan-batasan kita, usaha kita, kejujuran, kegiatan untuk mengisi waktu luang, seberapa besar kebutuhan akan relasi, siapa yang kita gauli di dunia nyata maupun sosial media, dan lain sebagainya.

Sedangkan hal-hal yang berada di luar kendali kita bisa berupa tanggapan orang lain tentang kita, cara pikir orang lain tentang kita, apa yang dilakukan orang lain, bagaimana orang lain bersikap, bagaimana orang lain bereaksi, batasan ataupun perasaan orang lain, dan hal-hal yang pada dasarnya berasal bukan dari dalam diri kita. Meskipun pada akhirnya, hal-hal ini pun memengaruhi kita.

Adapun hal-hal di luar kendali tapi berasal dari dalam diri kita, misalnya masa lalu, masa depan, kematian, orang tua atau keluarga kandung, yang pada umumnya berupa hal-hal yang sifatnya mutlak dan tidak bisa kita atur

Jangan terlalu memberatkan diri dengan hal-hal yang berada di luar kendali kita. Pada akhirnya hal-hal ini hampir tidak memiliki dampak signifikan pada diri kita.

Fokuslah pada hal-hal terkendali yang pada dasarnya lebih berpengaruh pada diri kita dan merupakan dasar yang menggambarkan siapa kita.

Pada akhirnya, kita tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Fokuslah pada apa yang berasal dari diri kita untuk hidup yang lebih menyenangkan dan tanpa beban tak berarti.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com