bar-merah

Terapi pola pikir, pernah coba?

Ilustrasi. (image: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Di zaman ini depresi menjadi salah gangguan paling umum dialami. Kita semua pasti pernah mengalami depresi dengan alasan apapun. Mulai dari depresi ringan hingga depresi serius yang bisa membahayakan kesehatan.

Depresi adalah suatu kondisi yang bisa teratasi jika penanganannya dimulai sesegera mungkin. Salah satu cara mengatasi depresi yang terbukti bisa mencegah kondisi ini menyerang kembali adalah terapi psikologi untuk pola pikir.

Terapi pola pikir ini merupakan cara paling sederhana sebagai terapi psikis. Anda bisa memulai dengan mengatur pola pikir anda untuk lebih memerhatikan dan menghargai diri anda, misalnya:

  • Kamu pantas mendapatkan cinta yang setimpal dengan cinta yang kamu berikan pada orang-orang terkasihmu.
  • Menjalin hubungan memiliki efek healing untuk anda yang jauh lebih berharga dibanding gambaran sakit hati tentang menjalin sebuah hubungan.
  • Mencintai diri anda dan mampu memanfaatkan diri tentang keadaan yang mungkin di luar kendali anda pantas didapatkan.
  • Empati adalah hal yang baik. Tapi…rasa empati berlebihan pun tidak baik untuk kesehatan mental anda.
  • Mencintai orang lain tidak bisa menjadi alasan untuk mengorbankan diri anda.
  • Mengorbankan kondisi mental anda demi orang lain membuat orang tersebut semakin kehilangan respons untuk melindungi dirinya sendiri. Artinya pada dasarnya setiap orang bertanggung jawab untuk dirinya sendiri.
  • Selalu perhatikan apa yang menjadi tindakan orang lain, bukan apa yang dikatakan orang lain. Karena kata-kata jauh lebih mudah.

Pola pikir yang mungkin dirasa sederhana seperti contoh-contoh di atas bisa memberi lebih dari yang anda bayangkan. Cara ini adalah cara paling ramah sebagai mental care yang mendasar.

Ilustrasi. (image: pexels.com)

Dunia modern ini pastinya sudah berhasil menciptakan depresi pada tiap diri kita dengan berbagai cara. Untuk kesehatan, mulailah dari dalam diri anda.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com