bar-merah

7 tips membangun percaya diri agar terhindari dari rasa insecure

ZONAUTARA.com – Pernah dengar istilah insecure? Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi insecure, mulai yang berasal dari luar dan dari dalam diri sendiri.

Pada tahun 2019 lalu sebuah film tanah air berjudul Imperfect cukup menarik perhatian dengan mengangkat topik insecure. Malah masih saja ramai dibicarakan hingga Juli 2020.

Film ini bercerita tentang bagaimana isu body shaming memengaruhi kehidupan dan pola pikir kita. Body shaming ini juga kebetulan menjadi salah satu penyebab insecure yang paling sering terjadi.

Body shaming adalah istilah yang merujuk pada kegiatan mengritik dan mengomentari secara negatif fisik atau tubuh diri sendiri maupun orang lain. Meski lebih banyak dialami oleh cewek, tak sedikit juga para cowok yang pernah jadi korban.

Bila merasa insecure terhadap satu hal itu normal, kok. Namun, insecure yang berlebihan dan bila dibiarkan berlama-lama bisa menghambat potensi diri anda. Oleh karena itu, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus segera diatasi.

Tips mengatasi rasa insecure berlebihan.

  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain.
  2. Kenali diri sendiri dan tunjukkan kemampuan yang kita miliki.
  3. Penampilan memang suatu yang penting, tapi jangan sampai persoalan fashion ini justru mengganggumu secara berlebihan. Anda hanya perlu memperhatikan kenyamanan anda.
  4. Selalu berpikir positif. Buang semua pikiran negatif. Terutama tentang pandangan pada diri anda sendiri.
  5. Selalu belajar untuk memperluas wawasan.
  6. Lakukan hal yang membuat anda bahagia. Membahagiakan orang lain tidak salah. Tapi jika itu berkaitan dengan diri anda, maka kebahagiaan anda adalah yang paling utama.
  7. Hindari orang-orang yang membuat anda insecure.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com