Gelombang 7 Kartu Prakerja sudah dibuka, begini cara daftarnya

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol



ZONAUTARA.com – Setelag gelombang keenam penerima bantuan pemerintah lewat Kartu Prakerja selesai, kini pemerintah membuka kembali pendaftaran melalui gelombang 7.

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 7 itu sudah dibuka sejak Kamis (3/9) pukul 12.00 WIB. Adapaun kuota yang disediakan pemerintah pada gelombang 7 ini ada sebanyak 800.000 orang.

Adapun Program Prakerja disediakan pemerintah untuk masyarakat yang berusia di atas 18 tahun dan merupakan Warga Negara Indonesia.

Penerima saat ini sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Program ini juga tidak ditujukan bagi pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota kepolisian, kepala desa dan perangkatnya dan juga tidak berlaku bagi direksi, komisaris dan dewan pengawas pada BUMN dan BUMD.

Pemerintah menargetkan sebanyak 5,6 juta WNI yang bisa mendapatkan bantuan lewat Program Prakerja. Ada dana sebesar Rp 20 triliun yang disediakan pemerintah sepanjang tahun 2020.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta mendapat total dana Rp 3.550.000. Rinciannya, sebesar Rp 1.000.000 untuk biaya pelatihan, lalu insentif totalnya Rp 2.400.000 atau Rp 600.000 per bulan diberikan selama 4 bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Bagi masyarakat yang belum mendaftar hingga saat ini tidak perlu khawatir, Manajemen Pelaksana (PMO) program Kartu Prakerja masih membuka pendaftaran. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa menyimak caranya di sini:

  1. Buka situs https://www.prakerja.go.id
  2. Login, bagi yang sudah terdaftar silakan login email dan password. Bagi yang belum daftar, klik daftar. Lalu isi alamat email, password, dan konfirmasi password. Klik Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku. Lalu klik daftar.
  3. Setelah daftar, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi data melalui email.
  4. Lalu verifikasi KTP dengan masukkan 16 digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir kamu.
  5. Kemudian masukkan data diri dan nomor HP. Setelah itu kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  6. Berikutnya saat foto, pastikan seluruh wajah terlihat jelas. Jangan gunakan kacamata dan masker.
  7. Setelah itu, tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil atau pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.
  8. Pilih pelatihan yang diinginkan. Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.


Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com