ZONAUTARA.com – Jangan pernah membohongi diri sendiri dengan harus tampil kuat dan berusaha tersenyum di depan siapapun dan dalam keadaan apapun. Tidak apa-apa jika kamu sedang merasa nggak okay atau tidak baik-baik saja, seperti sebuah ungkapan yang mengatakan it’s okay to not be okay.

Kamu bukan robot yang diciptakan tanpa daging, tulang, hati, pikiran ataupun perasaan. You are human! Ingat kamu hanyalah manusia biasa.

Jangan menahan emosi dengan selalu berpura-pura kuat dan mampu mengatasi segalanya. Tidak apa-apa jika berhenti dahulu dan mengakui pada dirimu bahwa you’re not okay and it’s okay.

Ada banyak kejadian yang mungkin dalam hidupmu, yang selalu kamu lakukan dengan terus memaksa dirimu berusaha tampil sempurna tanpa ingin diketahui perasaan kamu seperti apa sebenarnya. Padahal kekeraskepalaan inilah yang menyebabkan kamu terus merasa kurang puas dan tidak menerima diri sendiri.

1. Berusaha jujur pada diri sendiri

Ilustrasi. (image: pexels.com)

Ingat, jujur pada diri sendiri adalah sebuah obat utama yang mampu membuat kamu merasa okay dengan keadaanmu saat ini. Jangan berbohong terus dengan cara memakai topeng wajah bahagia padahal sebenarnya saat itu dirimu membutuhkan perkataan jujur yang mengakui bahwa kamu sedang pada tahap lelah dan merasa diri belum sebaik yang kamu harapkan.

Pelan saja mengakui dan ajak ia menyadari hal itu, dengan begini langkah dan hatimu akan terasa ringan.

2. Berusaha yakini dirimu bahwa masalah ini memang harus terjadi

Ilustrasi. (image: pexels.com)

Semakin kamu beranjak dewasa, semakin kamu menyadari bahwa kehidupan adalah tentang berbagai kejutan permasalahan dan kebahagiaan yang tak terhitung banyaknya. Fase dewasa ini memang gak mudah, ada banyak kejadian yang membuat kamu merasa semakin berat, tapi melalui hal ini tugasmu lah untuk meyakini diri kamu bahwa jalan ini harus dilalui mau gak mau.

Jalannya gak enak, iya memang. Namun ujungnya itu gak bisa dibayangkan betapa bahagianya kamu. You’re not okay untuk kehidupan mu saat ini tapi It’s okay lah karena kamupun tahu semua ini hanyalah sementara dan untuk membuat kamu semakin kuat.

3. Jangan terlalu memikirkan pendapat dan omongan orang lain, kalau kamu sudah tahu tentang makna dari it’s okay to not be okay, bukan?

Ilustrasi. (image: pexels.com)

Setiap orang bebas berkomentar apapun tentang kehidupan orang lain, tapi mereka tak punya hak untuk memilih masa depanmu harus seperti apa. Karena, masa depan kamu ditentukan oleh kamu sendiri bukan dari omongan orang lain yang kamu rasa tidak memberikan manfaat akan hidupmu.

Jalani saja dirimu, toh tidak ada manusia yang sepenuhnya okay dikehidupan ini termasuk mereka yang suka pusing dengan hidupmu.

4. It’s okay to not be okay, mengajarkanmu untuk tetap menjalani hidup yang positif

Ilustrasi. (image: pexels.com)

Kamu pun dengan sendirinya akan memiliki sebuah pandangan baru mengenai kehidupan. Tidak gampang menghakimi orang lain atas berbagai pilihan hidup, cara hidup atau apapun yang mereka rasa dan lakukan.

Kamu merasa bahwa setiap orang memiliki sisi kelebihan dan kekurangan, kebahagiaan dan kesedihan serta kesuksesan dan kegagalan yang terjadi dalam hidupnya. Inilah pemikiran dan cara pandang hidup yang luas dari kamu, maka secara tidak sadar keluasan ini membawa kamu memilih sebuah pandangan hidup positif tentang kehidupan itu sebenarnya.

Semua orang dan kamu adalah sama, hanya saja siapa yang lebih mengerti dan tahu cara menjalani hidup, dialah yang bisa merebut energi positif itu memenuhi kehidupannya.

Ingat, kamu nggak okay tapi it’s okay untuk itu bukan?




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id