Tiga kecamatan di Kabupaten Bone Bolango terdampak banjir dan tanah longsor

Lukman Polimengo
Penulis Lukman Polimengo
Banjir bandang di Kecamatan Bulawa mengakibatkan kerusakan materi yang parah.(Image: zonautara.com/Lukman Polimengo)



GORONTALO, ZONAUTARA.com – Musibah banjir dan tanah longsor yang menerjang Kabupaten Bone Bolango, Senin (07/09/2020) lalu, mengakibatkan kerusakan parah di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bulawa, Kecamatan Bone Raya, dan Kecamatan Bone Pantai.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Induk Tanggap Bencana setempat, kronologis terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, berawal pukul 16.15 WITA.

Ketika itu hujan deras dengan intensitas tinggi selama 8 jam mengakibatkan sungai di Kecamatan Bulawa meluap dengan prediksi Tinggi Muka Air di pemukiman penduduk mencapai 1-3 meter.

Selain itu, hujan deras tersebut mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik di kawasan pegunungan, khususnya di Desa Mamungaa Timur. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dari kejadian ini.

Baca juga: Banjir dan tanah longsor porak-porandakan Kabupaten Bone Bolango

Tanggap darurat bencana yang dimotori Forum Pimpinan Kecamatan yang terdiri Pemerintah Kecamatan dan unsur TNI-Polri melakukan evakuasi warga yang terdampak, pembersihan jalan dan rumah warga, dan pendirian posko-posko bantuan dan posko pengungsi.

Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bone Bolango mengerahkan 1 unit excavator untuk menangani sejumlah pekerjaan berat.

Jalan Trans Sulawesi di desa Mopuya yang sebelumnya tidak bisa dilalui kendaraan akibat ada bagian jembatan yang jebol kini sudah bisa dilewati kendaraan roda empat.

Dinas teknis terkait bencana berada di lokasi bencana dan melakukan berbagai upaya penanganan bagi para korban yang terdampak, termasuk melakukan pelayanan kesehatan oleh Puskesmas Bulawa.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com