ZONAUTARA.com – Usia 20 sampai 30 tahun merupakan fase terberat. Tak heran dunia psikologi mengistilahkan fase ini sebagai quarter life crisis. di masa ini, kadang kamu memilih untuk berhenti berpikir dan terus melangkah, namun lelah yang dirasa seperti dua kali lipat dari lelah yang biasanya.

Akal dan hati adalah bagian dari diri yang terus berperang tiap hari dalam kehidupanmu. Setiap waktu yang berputar dirasa tidak memberimu istirahat.

Apapun yang dilakukan serasa salah dan buntu, sampai ingin melangkah dan berusaha masa bodoh pun tapi tetap saja menjadi hal yang juga berujung pada rasa serbasalah. Tidak tahu mau ke mana dan akan ke mana.

Inilah masa yang dimaksud quarter life crisis itu. Istilah psikologi ini barangkali tidak familiar di benak kamu.

Di masa ini krisis kehidupan rentan terjadi. Banyak pikiran hitam-putih dan baik-jahat yang terus merecoki seseorang di fase ini. Kadang berpikir bahwa betapa hidup begitu jahat namun di lain sisi harus disyukuri.

  • Ingatkan pada dirimu, “waktu ini bisa membuatmu tak berdaya, tapi kamu tak mau kalah dengan semua ini.”

Kamu yang paling mengetahui seberapa lelah dirimu dalam menghadapi masa ini. Merasa bahwa tidak ada seorangpun yang sanggup memahami perasaanmu adalah tugasmu saat ini dan harus tetap menyemangatinya.

  • Ingatkan dirimu bahwa proses menjadi manusia itu sedang terjadi saat ini, melalui masa quarter life crisis yang ada

Jangan skip cerita hidupmu, jika melalui hal ini dapat membuatmu menjadi seorang yang lebih baik dari sebelumnya, kenapa harus di skip.

Jalani saja, jika sakit, sakit sekalian. Tapi tak bisa menjadikanmu seorang yang berhenti pada proses pendewasaan ini.

  • Ingatkan dirimu bahwa masa ini akan berakhir

Segala sesuatu ada masanya. Jangan pernah berpikir kamu akan terus berdiam di waktu seperti ini, semua akan berlalu.

Biarkan kamu mengikuti tiap waktu dan detik sambil tetap bertahan dari hari ke hari.

Sebuah perjuangan panjang dan kejutan dari kehidupan yang tak pernah absen mengajarimu berbagai hal. Semoga melalui masa quarter life crisis ini membuatmu lebih memiliki keluasan dalam sikap hati dan cara pandang hidup. Tetap semangat yah!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id