bar-merah

Virus corona tidak bermula dari Wuhan? Peneliti ungkap Los Angeles sudah lebih dulu

Sejarah virus corona.
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Pandemi covid-19 telah melanda seluruh dunia. Tak ada negara yang tidak terpapar SARS-CoV-2 atau virus corona penyebab covid-19. Selama ini Wuhan, sebuah kota di China disebut-sebut sebagai asal mula virus ini menyebar ke seluruh belahan dunia.

Tapi sebuah analisis yang dilakukan sejumlah peneliti dari Universitas California Los Angeles (UCLA) dan Universitas Washington, mengungkapkan bahwa virus corona sudah lebih dulu muncul di Los Angeles, Amerika Serikat. Media Los Angeles Times pada Jumat (11/9) memberitakan hasil penelitian ini.

Para peneliti itu mencatat kenaikan jumlah pasien yang mencari pengobatan terhadap keluhan batuk-batuk sejak 22 Desember 2019 yang terus naik hingga akhir Februari 2020.

Data itu didapat dari catatan medis di rumah sakit dan klinik-klinik yang ada di Los Angeles pada periode 1 Desember 2019 hingga 29 Februari 2020. Data itu kemudian dibandingkan dengan catatan medis pada periode yang sama selama lima tahun sebelumnya.

Beberapa dari pasien itu menjalani perawatan di pusat rawat jalan. Sementara yang lain mendatangi unit gawat darurat dan beberapa orang akhirnya dirawat di Pusat Medis Ronald Reagan UCLA dan rumah sakit lainnya yang dikelola UCLA.

Para pejabat pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pertama kali mengakui bahwa Corona mencapai daratan AS pada pertengahan Januari 2020, saat seorang pria di negara bagian Washington yang baru saja berkunjung ke Wuhan dinyatakan positif terinfeksi.

Pada saat itu, menurut para peneliti UCLA dan Universitas Washington dalam kajiannya, para dokter di rumah sakit dan klinik UCLA mungkin telah merawat lusinan pasien Corona tanpa menyadarinya. Hasil kajian ini dipublikasikan pada Journal of Medical Internet Research pada Kamis (10/9) waktu setempat.

Tes diagnostik tidak dilakukan oleh para peneliti, sehingga kapan pastinya dokter pertama kali berhadapan dengan pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 tidak bisa disebutkan.

Namun jika Corona telah menyebar tanpa terdeteksi sejak Natal 2019, pola kunjungan pasien ke fasilitas-fasilitas medis UCLA terlihat sangat mirip dengan apa yang sebenarnya terjadi.

“Jumlah pasien dengan keluhan dan penyakit pernapasan yang jauh lebih tinggi secara signifikan mulai akhir Desember 2019 dan berlanjut terus hingga Februari 2020, menunjukkan adanya penyebaran SARS-CoV-2 di tengah masyarakat sebelum adanya kesadaran klinis dan kemampuan tes yang mapan,” sebut ketua tim peneliti, Dr Joann Elmore, yang seorang dokter ahli penyakit dalam dan profesor kebijakan dan pengelolaan kesehatan pada UCLA, dikutip dari detik.com.

Jutaan juta data pasien diperiksa

Guna mencari pertanda awal pasien Corona, Elmore dan koleganya memeriksa data kunjungan lebih dari 9,5 juta pasien rawat jalan, nyaris 575 ribu kunjungan unit gawat darurat dan nyaris 250 ribu data pasien masuk rumah sakit selama lebih dari 5 tahun terakhir. Catatan medis yang menyebut pasien mengeluhkan batuk-batuk juga disertakan dalam analisis.

Hasilnya menunjukkan total 2.938 pasien mendatangi klinik untuk mengobati batuk-batuk yang dialaminya, dalam kurun waktu 13 minggu antara 1 Desember 2019 hingga 29 Februari 2020. Angka itu sekitar 1.047 pasien lebih banyak jika dibandingkan rata-rata jumlah pasien batuk-batuk pada periode 3 bulan yang sama selama 5 tahun terakhir.

Untuk unit gawat darurat, peneliti mendapati 1.708 pasien batuk-batuk antara Desember 2019 hingga Februari 2020. Angka itu lebih banyak sekitar 514 pasien dibandingkan rata-rata 5 tahun sebelumnya.

Kemudian untuk pencarian data medis, ditemukan ada 1.138 pasien yang dirawat untuk kegagalan pernapasan akut, antara Desember 2019 hingga Februari 2020. Angka ini lebih banyak sekitar 387 pasien dibandingkan rata-rata pasien kegagalan pernapasan akut dalam lima tahun sebelumnya.

“Ada kemungkinan bahwa beberapa kelebihan (kasus atau pasien) ini mewakili penyakit COVID-19 pada awal-awal sebelum pengakuan dan pengujian klinis,” sebut Elmore dan koleganya dalam laporan penelitian mereka.

Dijelaskan juga dalam kajian itu bahwa para pasien batuk mungkin terkena flu musiman biasa, terutama kasus kasus flu memuncak lebih dari biasanya pada musim dingin. Namun, ada kemungkinan bahwa wabah penyakit pernapasan terkait vaping (rokok elektrik) tahun 2019 berkontribusi pada kelebihan-kelebihan tersebut.

Dengan demikian, gagasan bahwa Corona telah beredar di California jauh sebelum 31 Desember, saat Komisi Kesehatan Wuhan pertama kali mengumumkan klaster kasus pneumonia yang tidak bisa dijelaskan, bukannya tidak masuk akal.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com