ZONAUTARA.com – Sepertinya siapapun sering bermimpi atau mengidamkan kehidupannya dapat berubah dengan memiliki sejumlah uang yang banyak.

Bahkan terkadang uang dianggap sesuatu yang lebih utama dan paling dibutuhkan dari segala sisi kebutuhan hidup. Entah itu digunakan sebagai pemuas keinginan atau hal lainnya.

Banyak juga yang ingin melakukan segala hal hanya demi sebuah tujuan, yakni uang. Memang ada benarnya juga bila bahwa hidup tanpa uang akan terasa menyiksa.

Tapi, apakah untuk merasa hidup yang sebenar-benarnya hidup, kita semua harus mengutamakan uang di atas segalanya? Karakter seseorang dapat dilihat dari pandangannya terhadap uang.

Simak penjelasan di bawah ini.

Merasa dirinya memiliki sebuah status yang tinggi

Di mata orang seperti ini, memiliki uang yang banyak dianggap memiliki status paling tinggi, dibandingkan dengan orang yang tak memiliki uang.

Orang seperti ini sering membanding-bandingkan dan mengutamakan apa yang kelihatan secara fisik, seperti barang-barang yang digunakan atau dikenakan. Ini sebenarnya hanya untuk membuktikan bahwa ia adalah orang kaya atau memiliki banyak uang.

Dirinya merasa bahwa dengan uang semuanya dapat dibeli

Paling berbahaya yang seperti ini. Misalnya saja nih yang sering kamu lihat di berita tentang pejabat yang rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk mendapatkan sebuah jabatan yang ia inginkan.

Inilah salah satu tindakan yang mewakili bahwa apapun menurutnya dapat dibeli dengan uang. Bisa kamu sebut dengan uang bisa membeli sebuah jabatan atau jabatan yang dapat diperjual belikan.

Sifat ini akhirnya menunjukan betapa ia dengan uang yang dimiliki menjadi haus kekuasaan dan menganggap segalanya harus dilakukan seturut dengan maunya.

Ketika memiliki uang ia hanya ingin menghabiskannya begitu saja

Kalau yang ini sih dapat dikategorikan bodoh. Saat ia mendapatkan uang ia hanya ingin memenuhi keinginan matanya saja.

Secara tiba-tiba menjadi lupa diri dan terbawa keinginan sesaat. Sampai ia tak begitu peduli jika uangnya habis atau tidak, baginya yang penting bersenang-bersenang dan menikmati uangnya saat ini.

Inilah yang menggambarkan bahwa dengan memiliki uang orang seperti ini termasuk yang tidak tahu cara mengelola keuangan dengan baik. Terbukti dari sikap borosnya dan masa bodohnya akan uang yang ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya.

Memiliki cara pandang menggunakan uang untuk hal-hal baik bagi waktu sekarang maupun yang akan datang

Dari semua hal negatif di atas, penutupnya adalah sisi positif seseorang saat ia diperhadapkan dengan uang. Ia yang menjadikan uang bukan untuk hanya dinikmati sendiri tapi mampu melakukan hal-hal baik dengan uang yang ia miliki.

Baik memergunakannya demi membantu orang lain, memberikan sumbangan, dan hal apapun demi kebaikan orang-orang yang membutuhkan. Tak hanya itu, salah satu sifat atau karakter lainnya yang ia miliki adalah pintarnya dalam mengelola keuangan.

Ia seorang yang memiliki pengetahuan dan pengertian yang jelas tentang mengelola uang, diringa tak segan-segan menggunakan uangnya untuk tujuan investasi dan tabungan. Inilah kategori manusia dengan masa depan yang jelas.

Kita semua pun menyadari kehidupan tanpa uang akan juga terasa sulit. Tapi bukan itu yang menjadi fokusnya, semua kita membutuhkan uang namun, jangan menjadikannya dewa dan Tuhan.

Uang bisa pergi dan datang sesuka hatinya, namun sikap yang baik dan hati yang tulus akan menjadikan kita seorang yang dapat diandalkan, dipercayai dan disayangi setiap orang.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id