bar-merah

5 hal yang perlu kamu ketahui tentang virus corona hari ini

Ilustrasi. (Image: Istimewa)

ZONAUTARA.com – Pandemi virus corona yang dihadapi dunia sudah menyita banyak perhatian. Setiap harinya ribuan berita berseliweran terkait pandemi corona yang sedang melanda.

Ditambah perkembangan teknologi yang membuat akses pada berbagai informasi semakin mudah dan cepat. Berikut 5 hal yang perlu kamu ketahui terkait virus corona hari ini.

  1. Bagaimana dunia menghadapi pandemi

Rule of six

Di Inggris, sebuah aturan baru terkait virus corona diterapkan yang dikenal dengan rule of six (aturan enam). Yaitu, pertemuan/ interaksi sosial dengan lebih dari enam orang dianggap ilegal. Peraturan ini berlaku baik untuk interaksi indoor maupun outdoor.

Gastro save zone

Penerapan model gastro save zone di ruang publik (Image: archdaily.com)

HUA HUA Architects mengajukan sebuah proposal terkait pola desain untuk aktivitas orang-orang di ruang public. Gastro save zone atau lingkaran zona aman didasarkan pada prinsip social distancing yang merupakan cara paling efektif untuk menghadapi pandemi.

Dalam zona aman yang jelas, orang-orang bisa makan, minum, ataupun beristirahat dari mode balutan masker jika itu melelahkan.

Restoran dengan quarantine greenhouses

Restauran dengan konsep “quarantine greenhouses” di Amsterdam (Image: archdaily.com)

Di Amsterdam, Belanda, sebuah restoran telah memperkenalkan konsep quarantine greenhouses sebagai alternatif desain untuk persoalan aktivitas diluar dalam masa pandemik berkaitan dengan tips penerapan social distancing.

2. Sembuh tapi tidak sehat

Orang-orang yang memiliki resiko rendah terhadap infeksi virus corona seperti anak muda bisa sedikit bernafas lega. Tapi hati-hati, setelah sembuh pasien dengan riwayat infeksi virus corona dilaporkan mengalami kerusakan paru-paru. Hal yang serupa pada pasien yang sembuh pasien yang sembuh dari SARS dan MERS. Namun pasien dengan riwayat infeksi corona diduga mengalami masalah yang lebih serius.

3. Kasus baru terus meningkat

Berada pada urutan ke-23 sebagai negara dengan infeksi virus corona terbanyak. Saat ini total kasus infeksi virus corona di Indonesia sudah berada pada angka 200 ribu. Akan tetapi, dibanding negara Amerika serikat yang berada di peringkat satu sebagai negara dengan infeksi corona terbanyak, kurva peningkatan kasus harian menunjukkan peningkatan tajam di Indonesia sedangkan mulai menurun di Amerika Serikat.

4. Mutasi virus corona, tidak lebih mematikan tetapi 10 kali lebih menular

Sering bertambahnya jumlah infeksi virus corona, telah dilaporkan jenis virus baru yang merupakan mutasi dari jenis virus corona yang pertama kali ditemukan. Disebut Corona D614G, virus ini dikabarkan tidak terlalu mematikan tetapi memiliki resiko penularan hingga 10 kali lipat.

5. Waspada gejala baru virus corona

Gejala baru yang ditemukan adalah happy hypoxia. Happy hypoxia adalah penurunan kadar oksigen dalam darah. Happy hypoxia disebut juga silent hypoxia atau hypoxemia, sebuah kondisi ketika tubuh tidak merasakan gejala seperti sesak napas, tapi jika kadar oksigen dalam jaringan diperiksa, akan didapati hasil yang sangat rendah. Gejala inilah yang diduga membuat sejumlah pasien COVID-19 di Indonesia meninggal tanpa menunjukkan tanda-tanda sama sekali.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com