Begini cara merespons ketika kita mendapat kritik

3 mins read
Ilustrasi. (Image : pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Kritik bisa dipandang secara positif karena merupakan kejujuran dari si pemberi kritik dan dapat memicu orang yang dikritik untuk berbuat lebih baik. Namun, harus diakui mendapat kritik itu tidak nyaman.

Adakalanya kita mendapat kritik yang menyakitkan ataupun yang malah merendahkan diri sehingga membuat seharian kita down atau bahkan merusak mood.

Menerima kritik pedas dan kasar bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi kritik bukanlah sebuah serangan yang harus ditanggapi secara negatif. Adakalanya kritik malah menjadi bermanfaat karena menunjukkan sisi yang tidak mampu kita lihat.

Berikut cara melihat kritik dari sudut pandang lain dan bagaimana merespons kritik dengan tepat.

1. Ingatlah bahwa kritik bukan serangan

Ketika menerima kritik pedas, rasanya ingin melakukan konfrontasi atau melarikan diri saja. Tenang! Ambilah beberapa detik untuk berpikir positif bahwa dia tidak bermaksud menyerangmu.

Singkirkan emosi negatif itu. Karena itu bisa merusak keadaan dan mungkin kamu malah menyesal di kemudian hari. Tenangkan dirimu, biarkan logika bekerja untuk dapat memberi respons pada kata-kata si pemberi kritik dengan bijaksana.

2. Temukan hal positif di balik kritikan

Si pemberi kritik mungkin saja telah menyampaikannya dengan kasar dan kejam, tapi kamu bisa menemukan emas di balik kritik yang jujur, yaitu saran untuk perbaikan. Lihatlah ini sebagai kesempatan untuk berkembang dan belajar lebih banyak lagi.

3. Berterima kasih sudah dikritik

Meskipun kritik disampaikan secara kasar, tetaplah berbesar hati dan ucapkan terima kasih. Mereka mungkin saja sudah mengalami hari yang buruk sehingga menyampaikan dengan cara yang sedikit kasar. Atau saja mereka memang orang yang negatif pada dasarnya. Namun, sikap bersyukur kamu mungkin akan membuat mereka sadar dan jadi lebih menghargai kamu nantinya.

4. Belajar dari kritik

Setelah melihat kritik dari sudut pandang yang lebih positif dan bisa berterima kasih pada si pemberi kritik, maka jangan lakukan hal yang sama lagi. Buktikan bahwa kamu sudah mencoba memperbaiki diri.

Namun, hal ini bisa jadi sedikit sulit bagi beberapa orang karena mereka sering berpikir bahwa mereka adalah benar apapun yang terjadi. Pada kenyataannya, bisa jadi kamu yang salah dan si pemberi kritik benar. Jadi, lihatlah apakah ada yang bisa kamu ubah untuk menjadikan diri lebih baik.

5. Kritik itu objektif, bukan personal

Terlalu sering kita menganggap kritik sebagai serangan pribadi atau penghinaan, seperti “aku tidak akan membiarkan seseorang berbicara seperti itu kepadaku”. Tapi ternyata tidak. Anggap itu sebagai kritik atas tindakan kamu, bukan dirimu secara personal. Jika kamu bisa melakukan itu, maka kamu akan mampu melihat apa yang seharusnya kamu lakukan.

Setelah kamu sudah bisa menerima dan merespons kritik dengan cara yang lebih positif, ada dua hal yang bisa kamu dapatkan.

  • Orang lain akan mengagumimu dan berpikir lebih baik tentang kamu
  • Kamu akan merasa lebih baik tentang dirimu sendiri. Membalas kritik dengan serangan pribadi hanya akan mengotori diri sendiri.

Gimana? Kamu setuju? Bukankah kita baru saja menyadari hal-hal tentang kritikan yang tidak melulu negatif dan memojokkan diri kan?

Bagikan !

Latest from Blog

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com