ZONAUTARA.com – Menjelang akhir tahun, musim pun mulai berganti. Hujan mulai turun di banyak daerah di Indonesia. Sulawesi Utara satu di antara daerah yang sedang memasuki musim penghujan.

Kondisi ini dapat membuat sistem imunitas tubuh rentan terhadap beberapa penyakit yang lazim saat musim hujan.

Di sisi lain, situasi di tengah pandemi covid-19 ini menuntut kita untuk memiliki kekebalan tubuh yang kuat agar tidak mudah terserang penyakit dan virus.

Ada beberapa cara menjaga imun tubuh agar tetap kuat saat musim hujan di tengah pandemi virus corona, yang perlu jadi perhatian bersama.

  1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan Anda dengan berbagai cara. Salah satunya dilakukan lewat meningkatnya fungsi fagosit (sel pembunuh yang melawan agen infeksius). Dengan demikian, respons imun seluler naik seiring dengan peningkatan produksi limfosit peningkat kekebalan.

Selain lewat multivitamin, vitamin C bisa didapatkan secara alami lewat konsumsi buah jeruk, lemon, jeruk nipis, paprika hijau dan merah, kubis Brussel, brokoli, sayuran hijau, dan tomat.

  1. Rajin mencuci tangan

Wabah Covid-19 benar-benar menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sering dan benar. Untuk menghindarkan Anda dari masuk angin, batuk, dan influenza, mencuci tangan secara teratur merupakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

Cuci dengan benar selama sekitar 20 detik dengan menyabuni sabun di antara jari-jari Anda, di bawah kuku, dan bagian atas tangan Anda. Kemudian, bilas dan keringkan tangan Anda juga.

  1. Perbanyak minum air putih hangat

Tidak ada yang lebih baik daripada meneguk minuman hangat saat hujan turun di luar rumah. Disarankan, tetap jaga tingkat hidrasi Anda dengan minum enam hingga delapan gelas air sehari.

Air hangat melancarkan sirkulasi darah Anda dimana ini mengarah pada sistem kekebalan yang kuat sehingga dapat melindungi dari berbagai infeksi dan alergi.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id