Tips membuat planning harian dengan mudah tapi efektif agar makin produktif

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi. (image: pixabay.com)



ZONAUTARA.com – Kamu tipe yang sehari-hari on schedule? Atau malah go with the flow?

Mungkin jika kamu tidak memiliki rutinitas menumpuk, kamu bisa aja betah dengan metode go wit the flow. Di zaman industry 0.4 ini siapa sih yang masih bisa bengong seharian tanpa rutinitas menumpuk sebagai tuntutan hidup?

Nah, gimana nih cara menyusun planning harian dengan mudah tapi tetap bisa efektif untuk meningkatkan produktivitasmu? Simak tipsnya.

  • Tentukan goals

Kalo nggak punya goals, kamu hanya akan berakhir kebingungan karena tidak tahu melakukan semua ini untuk apa. Setidaknya kamu harus menentukan motivasi untuk diri.

Misalnya, “aku mau dengan adanya planning ini, tugas-tugas selama seminggu ke depan gak keteteran”, atau mungkin kamu mau memperbaiki jam tidur, atau hal apapun yang bisa jadi goals mu.

  • Jangan hanya melihat goals harian

Meskipun merupakan planning harian, jangan melihatnya hanya sehari. Artinya, apa yang ingin kamu lakukan sehari harus sejalan dengan apa yang ingin kamu lakukan dan capai dalam jangka seminggu, atau jangak lebih panjang lainnya.

Misalnya, dalam seminggu kamu mau menyelesaikan 10 design. Nah, kamu bisa set planning harian kamu. Kapan kamu mulai, cari inspirasi, hingga eksekusinya. Planning harian ini akan membantumu agar tidak melenceng dari goals kamu.

  • Mengategorikan kegiatan kamu

Kesalahan yang sering dilakukan adalah terlalu fokus pada pekerjaan dan kurang fokus untuk diri sendiri. Padahal, meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat diperlukan untuk kekuatan mental, kreativitas, refleksi diri, dan hal-hal penting lainnya yang bisa bikin kamu lebih produktif.

Saat membuat planning harian, kamu bisa mengkategorikan mana kegiatan untuk pekerjaan, dan mana kegitan untuk diri sendiri, supaya seimbang.

  • Fleksibel

Kamu tidak pernah tahu hal apa yang mungkin terjadi. Tandai hal-hal yang mungkin dijalani dengan opsi lain. Begitupun hal-hal yang tidak bisa diganggu gugat.

Dengan cara ini, kamu tidak perlu kebingungan atau berpikir terlalu panjang saat terjadi hal-hal tak terduga.

  • Pertahankan keseimbangan

Kamu harus menyeimbangkan jumlah tugas dan tingkat kesulitannya supaya kinerja kamu tetap konsisten. Misalnya, dalam satu hari ada 2 tugas besar dan 4-6 tugas ringan, ada tugas yang banyak memakan waktu dan ada yang singkat. Kamu juga bisa tambahkan tugas opsional jikalau masih punya sisa waktu.

Nah, dengan membuat planning harian yang jelas kamu akan lebih mudah dan terarah dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi, perlu diingat pula bahwa planning harian yang kamu buat adalah sesuai kemampuan.

Saat membuat planning yang sesuai dengan kemampuanmu dan bukan malah melewati batas, itu akan membantumu untuk lebih disiplin. Membuat planning harian dengan terlalu banyak sisa waktu juga tidak efektif. Jadi, tetap jaga keseimbangan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com