ZONAUTARA.com – Masa muda merupakan waktu yang terbaik untuk bisa belajar dan mencoba hal-hal baru. Karena anak muda memiliki kapasaitas dan pengalaman diri yang belum memadai. Dan itu yang perlu untuk ditingkatkan lagi.

Banyak cara bagi anak muda untuk meningkatakan hal itu, bukan hanya lewat jenjang pendidikan formil. Tapi, bisa juga melalui kegiatan diluar lingkungan akademis, salah satunya menjadi relawan atau volunteer.

Simak penjelasan dibawah ini tentang pentingnya bagi kamu yang masih muda untuk mencoba menjadi volunteer.

Membantu kamu untuk bisa belajar bagaimana membangun hubungan dengan banyak orang

Ketika menjadi seorang volunteer, kamu akan dituntut agar bisa mampu membangun sebuah hubungan dengan berbagai orang. Tidak pandang usia dan gender, tapi lebih pada sikapmu yang dapat menerima perbedaan itu semua demi membangun hubungan dan kerja sama yang baik.

Dari hal inilah kamu bisa mengambil kesempatan, untuk belajar bagaimana membangun hubungan. Karena disaat usiamu beranjak dewasa dan mulai meniti karir, kamu sendiri tidak akan kaget dengan situasi atau lingkungan pekerjaan yang didominasi oleh orang-orang baru.

Kamu dapat mengetahui banyak hal tentang apa yang sebenarnya sedang dialami dan terjadi saat ini

Photo by Joel Muniz on Unsplash

Inilah salah satu alasan yang paling penting ketika menjadi volunteer. Kamu biasanya akan menemukan orang-orang yang sibuk dengan pembicaraan suatu masalah atau kejadian terkini, tapi mereka tidak paham betul apa yang sedan terjadi.

Namun, untuk kamu yang senang turun ke lapangan dan menjadi relawan, hal ini tidak akan terjadi, karena dirimulah yang turut merasakan dan mengetahui bagaimana kondisi di tempat itu atau apa yang terjadi.

Kapasitas inilah yang diharapkan ke depannya dapat kamu tingkatkan selalu, ketika suatu saat menjadi pemimpin dan memegang berbagai jabatan, bahwa segalanya penting untuk bisa mengetahui bagaimana keadaan di lapangan bukan hanya duduk-duduk saja sambil menunggu laporan masuk.

Perlahan-lahan rasa empati dan sensitifitas kamu terhadap nilai-nilai kemanusiaan akan terasah.

Photo by Larm Rmah on Unsplash

Ketika memilih menjadi volunteer, kamu tentu sadar bahwa dirimu akan diperhadapkan dengan situasi yang kurang menyenangkan. Baik dari sisi masyarakat, lingkungan sekitar dan berbagai hal yang akan kamu hadapi ketika turun ke lapangan nanti.

Dari sinilah rasa itu mulai muncul secara perlahan. Kamu sadar bahwa hidup hanya bukan tentang kamu. Kamu akan banyak memikirkan bagaimana nanti nasib masyarakat, apakah hal yang saya buat ini bisa membantu orang atau hanya merugikan saja.

Intinya, sifat egoisme yang selama ini mungkin kamu miliki dalam masa mudamu, akan mulai tergerus karena pengenalanmu yang sebenarnya terhadap lingkungan sekitarmu.

Dapat membuatmu melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda

Photo by Curtis MacNewton on Unsplash

Kamu akan melihat banyak hal, mendengar banyak cerita dan mengenal banyak manusia. Segala yang akan kamu temukan inilah, yang akan membantumu untuk terbuka secara hati dan pikiran dalam melihat cara pandang hidup yang lain.

Kamu pun menjadi seorang anak muda yang mampu menghargai dan memahami akan sebuah perbedaan baik pemikiran, pendapat dan berbagai perbedaan lainnya, dikarenakan pada pengalaman sebelumnya kamu telah melewati itu semua dengan mendorong diri untuk belajar banyak hal dari menjadi seorang volunteer.

Memang, ini bukanlah hal yang mudah. Ketika sebagai orang muda kamu harus memberanikan diri dan mencoba hal baru seperti itu, dirimu juga akan merasa takut dan tak percaya diri.

Tapi, ada baiknya mencobanya saat ini, mengambil kesempatan selagi masih muda untuk mengembangkan kepribadianmu sendiri.

Bagikan !