MANADO, ZONAUTARA.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 ini memang memberikan nuansa yang baru karena situasi pandemi Covid-19.

Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020, para pasangan calon (paslon) harus mengadakan debat yang akan berlangsung selama tiga kali. Ketiga paslon yang akan bertarung di Pilgub Sulut bakal saling adu gagasan untuk kemajuan Sulut di tengah pandemi Covid-19 ini.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara didukung Google News Initiative akan menggelar program Cek Fakta saat debat dan pada Hari H nanti, 9 Desember 2020. Sebanyak 25 jurnalis Sulut akan mengambil bagian dalam Cek Fakta untuk memverifikasi apa yang akan dikatakan para paslon dalam debat nanti demi mencegah misinformasi dan disinformasi.

Dalam pelatihan (training) cek fakta yang diadakan pada, Selasa (03/11/2020), 25 jurnalis dari media anggota AMSI Sulut serta pers kampus ini, dibekali dengan ilmu dan keterampilan bagaimana mengecek fakta dengan cepat dan dapat dipercaya.

Salah satu sesi dipaparkan oleh Pemimpin Redaksi Zona Utara Ronny Buol tentang skema pengecekan fakta dengan cara kerja sama tim.

Para jurnalis akan menyusun tim dengan peran yang berbeda-beda. Mulai dari tim mengutip klaim paslon, kemudian tim mencari tahu apakah klaim itu benar atau tidak, lalu ada juga tim data yang menyuplai data-data paslon dan data sesuai tema debat. Setelah itu meminta komentar dari para pakar (expert) di luar jurnalis cek data, dan terakhir tim tulis dan publish berita.

“Dengan kerja sama tim itu, hasil kerja cek fakta dari para jurnalis akan sangat faktual dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Ronny.

Ketua AMSI Sulut Agus Hari berharap dengan pelatihan Cek Fakta, 25 jurnalis ini bisa mengaplikasikan keterampilan mereka dalam pesta demokrasi tahun 2020 meski ditengah tantangan pandemi Covid-19.

“Memang cek fakta tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu karena situasi pandemi. Namun kami tetap akan bekerja bersama dengan menerapkan protokol kesehatan dan bisa juga kerja dari rumah,” jelas Agus.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id