Pjs Gubernur Sulut sidak penerapan protokol kesehatan di objek wisata dan kuliner

Media Sindikasi
Penulis Media Sindikasi
Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni melakukan sidak protokol kesehatan di objek wisata, kuliner, dan tempat keramaian.(Foto: Humas Provinsi Sulut)



MANADO, ZONAUTARA.com – Pada saat libur panjang dan cuti bersama akhir Oktober 2020, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Agus Fatoni pada Minggu (01/11/2020) melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan pengecekan penerapan protokol kesehatan di sejumlah objek wisata, kuliner, dan tempat keramaian.

Agus mengunjungi Taman Nasional Bunaken Kota Manado, Bukit Kasih Kanonang Kabupaten Minahasa, kawasan kuliner dan rumah kopi di daerah Kawangkoan Minahasa. Menurutnya, tujuan sidak adalah untuk memastikan penerapan prokes di kawasan wisata, kuliner dan tempat keramaian.

“Secara umum, tempat wisata, tempat kuliner di Sulut sudah menerapkan protokol kesehatan, baik penggunaan masker, penyiapan alat mencuci tangan, dan jaga jarak,” kata Agus.

Sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Surat Edaran Gubernur Sulawesi Utara, selama libur panjang, masyarakat diharapkan untuk tetap tinggal di rumah. Himbauan stay at home sudah disosialisasikan Pemerintah Provinsi dan seluruh jajarannya. Namun, apabila terpaksa harus keluar rumah, masyarakat diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Pjs Gubernur Sulut pada berbagai kesempatan terus menerus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan, baik pada pertemuan-pertemuan, ditempat ibadah, pada saat bertemu langsung dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan masyarakat.

Agus juga mengimbau dan mengingatkan semua pihak untuk senantiasa taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 dan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Memakai masker yang benar itu harus menutupi hidung hingga dagu. Jangan di leher dan ditaruh di kantong. Masyarakat harus membiasakan mencuci tangan. Kami berharap masyarakat membiasakan memakai masker dengan benar saat keluar rumah, jaga jarak dan hindari kerumunan, biasakan cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir maupun hand sanitizer dan jaga imun tubuh dengan makan makanan yang bergizi serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Terkait penggunaan masker, Agus mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini, Pemprov Sulut bersama Forkopimda dan pemerintah kabupaten/kota, PKK dan organisasi wanita akan melaunching Gerakan Sulut Bermasker.

Kegiatan akan melibatkan KPUD, Bawaslu, pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah dan penyelenggara pilkada ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Launching diikuti secara daring oleh instansi vertikal dan forkopinda sampai dengan kabupaten/kota, kecamatan dan desa.

Hal ini sejalan dengan imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang juga telah menyarankan penggunaan masker saat berada di luar rumah guna mencegah penularan Covid. Karena penggunaan masker dapat mencegah penularan covid sampai dengan 85 persen.

Gerakan Sulut Bermasker dimaksudkan agar penerapan protokol kesehatan bisa dilaksanakan oleh masyarakat, khususnya dalam menggunakan masker.

“Masker itu bukan hanya dibagi, tapi diterima masyarakat dan kemudian digunakan, agar menggunakan masker menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.

Penulis : Julkifli Madina/Kabarmanado.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com