MINAHASA, ZONAUTARA.com – Tahapan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020 kini sedang dalam masa kampanye, yang membuat Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Desa yang ada di Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ikut gencar mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tolak politik uang.

Meski di tengah pandemi Covid-19, namun Panwaslu Kecamatan Mandolang terus mengawal Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut 2020 guna mencegah berbagai pelanggaran.

Dengan menerapkan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker) Pengawas Desa mengajak kepada masyarakat menyukseskan Pilgub 2020 yang berkualitas dan bermartabat, dengan menolak praktik money politic atau politik uang.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu Pengawas Desa Tateli Satu, Meify Paparang yang melakukan sosialisasi dengan bertatap muka dengan masyarakat.

“Bukan hanya tolak politik uang, tapi kami juga mengajak masyarakat untuk tolak berita hoaks, tolak politisasi SARA, menjaga netralitas ASN dan perangkat desa,” ungkap Meify, Rabu (4/11/2020).

Ketua Panwaslu Kecamatan Mandolang Hendro Langi juga mengimbau agar masyarakat tidak menolak Panwas Desa yang sedang mensosialisasikan potensi pelanggaran saat kampanye, karena mereka sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti masker dan handsanitizer.

Ketua Panwaslu Kecamatan Mandolang Hendro Langi (Foto: Zona Utara/Tesa Senduk)

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi dari 12 Pengawas Desa yang ada di Kecamatan Mandolang ini, akan membuat masyarakat lebih berani lagi untuk menolak politik uang, politik SARA, berita hoaks, dan menjaga netralitas,” tuturnya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id