bar-merah

Dokter Aris Sugiharjo gugur saat berjuang menyelamatkan pasien Corona

(image: nakes.laporcovid19.org)

ZONAUTARA.com – Dokter Aris Sugiharjo merupakan seorang dokter senior di Rumah Sakit H Damanhuri Barabai. Beliau meninggal pada 30 Agustus 2020 setelah terpapar virus corona.

Sebelum gugur, beliau sempat dirawat selama seminggu di ruang ICU RSUD Ulin Banjarmasin karena terpapar virus Corona. Selama perawatan pun dokter Aris harus mendapat bantuan ventilator karena saturasi oksigen menurun.

Selama masa pandemic beliau memang diketahui aktif dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD Damanhuri Barabai. Namun belum jelas diketahui kapan dan di mana dokter Aris tertular.

Beliau merupakan dokter spesialis penyakit dalam lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan anggota IDI Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh dokter H Mohammad Rudiansyah Sp.PD.

Beliau juga dikenal dengan kegemarannya berbagi ilmu dan sangat disegani.

“Saya pertama kali bertemu beliau saat bekerja di RSUD H Damanhuri Barabai, Beliau merupakan sosok seorang dokter & guru yang sangat baik dan saya segani. Beliau selalu menyempatkan diri berbagi ilmu kepada kami dokter-dokter umum ditengah kesibukannya yang tentunya tidak sedikit. Selamat jalan dr. Aris Sugiharjo, Sp.PD. Semoga Allah berikan tempat terbaik di sisi-Nya, Aamion ya Rabb,” tulis dokter Hania Asmarani melalui laporcovid19.

Dalam keluarga dokter Aris dikenal sebagai sosok baik hati, pendiam dan penyabar. Ery Kusnanto yang merupakan adik sepupunya di Purwokerto menjelaskan bahwa dokter Aris adalah kakak yang baik, pendiam dan selalu sabar. Beliau selalu jadi tempat konsultasi keluarga Trah Poncosuwiryo. Terakhir kali keluarga ini sempat bertemu dan berkonsultasi adalah pada 5 Agustus sebelum beliau akhirnya meninggal dunia.

Beliau memberikan informasi terkait masalah covid pada saat itu. Selanjutnya kabar mengejutkan didapat pada hari Jum’at 28 Agustus. Bahwa beliau masuk rumah sakit dan dirawat di ICU.

Minggu pagi beliau sempat dikabarkan dengan kondisi yang sudah membaik, namun tiba-tiba setelah magrib justru dikabarkan meninggal dunia.

Sedih, takut, galau, perasaan tak percaya, semuanya campur aduk jadi satu. Begitulah kepedihan yang dirasakan keluarga. Tapi mereka berusaha tetap ikhlas dengan rencana Allah SWT.

Sampai akhir hayatnya beliau dikenal sebagai sosok yang lebih mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadinya. Beliau mengorbankan kepentingan pribadi, dan keluarga untuk berjuang menyelamatkan pasien yang terpapar Covid-19.

Selamat jalan dokter Aris Sugiharjo. Selamat jalan pejuang kehidupan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com