Dalam sebulan ada 49 dokter di Indonesia yang gugur akibat Covid-19

2 mins read
Covid-19
Ilustrasi kasus covid-19 dari Unsplash

ZONAUTARA.com – Semakin banyak tenaga kesehatan termasuk dokter yang gugur karena Covid-19. Mereka ikut tertular saat menangani pasien Covid-19 maupun yang terpapar virus corona karena aktivitas pelayanan kesehatan mereka.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat dapat membantu beban tenaga kesehatan dalam menangani pandemi ini.

Wiku tidak ingin hal ini terus terjadi.

Baca: Kisah para dokter yang gugur karena Covid-19

“Selama bulan Desember saja sudah ada 49 orang dokter yang meninggal akibat Covid-19. Tidak selayaknya kita kehilangan mereka akibat kelalaian kita,” kata Wiku pada Selasa (12/1/2021).

Baca Pula:  Sebelum meninggal karena Covid-19, dokter Theodorus Singara merupakan dokter sekaligus dosen

Untuk itu Wiku meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Masyarakat diminta untuk tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Pemerintah dan masyarakat wajib melindungi garda terdepan kita,” ujar Wiku.

Wiku mengatakan, semakin tinggi peningkatan kasus Covid-19, maka semakin berat beban para tenaga kesehatan.

Sebab, dalam situasi tersebut, tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit akan mengalami peningkatan.

Setidaknya, 30 persen dari total kasus aktif Covid-19 membutuhkan perawatan di rumah sakit. Apabila tempat tidur di fasilitas kesehatan penuh 100 persen, maka pasien-pasien Covid-19 baru tidak akan bisa ditangani di rumah sakit.

Baca Pula:  Belum masuk DPT? Silahkan melapor, tapi patuhi protokol kesehatan Covid-19

Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan sumber daya fasilitas maupun sumber daya manusia di rumah sakit untuk menampung pasien lagi.

Sebagai gambaran, jika tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 mencapai 60-70 persen, maka petugas kesehatan akan sangat kewalahan.

“Apabila terus meningkat, maka beban tenaga kesehatan akan semakin besar dan potensi penularan Covid-19 pada petugas kesehatan juga akan semakin meningkat,” ujar Wiku.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com