ZONAUTARA.com – Semua orang mempunyai mimpi untuk bisa menjadi lebih sukses dari kehidupannya yang ada saat ini. Sebuah harapan bahwa masa depan memiliki tempat yang termanis bagi dirinya.

Namun, masa depan pun memiliki cerita yang harus diciptakan sejak saat ini. Ada tanggung jawab dan keterlibatan dari diri kita yang pada akhirnya menentukan siapa dan akan jadi apa diri kita nanti.

Tahap inilah yang harus kamu sadari. Menelaah kembali posisi kamu saat ini, apakah dapat membawa diri kamu mencapai semua mimpi dan kesusksesan itu nanti.

Coba lihat pergaulanmu

Ada sebuah kata bijak yang mengatakan, “show me your firends and i will show you your future.” Memang terdengar singkat, tapi mengandung makna yang tidak bisa kamu pandang sebelah mata.

Perlunya melihat kembali, bagaimana pergaulan mu saat ini. Memberikan dampak yang baik ataukah hanya memberimu pengaruh yang buruk.

Sebuah nilai yang tidak bisa kamu abaikan. Di saat begitu mendambakan posisi yang sukses di masa mendatang tapi pergaulanmu, membawamu jauh dari standar itu. Lihat dan renungkan lagi di mana posisi kamu saat ini.

Apa motivasi kamu

Motivasi menentukan juga akan berada di mana diri kamu nantinya. Apakah motivasi mu baik atau hanya berlandaskan balas dendam dan ego diri semata.

Ingat, jangan pernah mengharapkan sesuatu yang baik dari motivasi yang tidak baik. Segala hal yang tidak baik termasuk motivasi dari dalam diri kamu, hanya akan menjadikanmu seorang yang penuh dendam dan angkuh.

Tidak ada ruang untuk kesuksesan dan kebahagiaan bagi dirimu jika kamu memiliki motivasi seperti ini. Untuk itu mari lihat kembali motivasi mu, dan jadilah sukses demi motivasi yang baik.

Siapa yang kamu jadikan panutan

Kamu ingin menjadi seperti siapa dan hebat di bidang apa, adalah tanda bahwa kamu memiliki seorang panutan yang membuat mu ingin menjadi seperti dirinya suatu hari nanti.

Tetapkan siapa yang ingin kamu jadikan panutan mu, dan lihatlah bagaimana dirinya dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan hidup. Adopsi cara berpikir dan semangat yang ia miliki.

Cara kamu memerlakukan diri sendiri

Dari semua hal yang ada di atas, salah satu hal juga yang harus kamu lihat adalah bagaimana kamu memerlakukan dirimu sendiri.

Seberapa sering kamu menghargai dirimu, apakah pernah kamu mengucapkan kata terima kasih pada dirimu, atau selama ini kamu hanya sibuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

Ketahuilah, cara terbaik untuk sukses adalah menempatkan dirimu pada posisi penerimaan yang paling istimewa. Tidak membandingkannya, tidak merasa rendah diri dan merasa tak bergunanya hidup mu jika dibandingkan dengan orang lain.

Pemberian sebuah nilai pada diri sendiri, adalah cara terbaik melihat di mana kamu saat waktu dari masa depan itu tiba. Apakah berada pada posisi bangga dengan diri sendiri, atau hanya terus hidup melihat kekurangan diri sendiri.

Lihatlah kembali dan jangan berhenti untuk belajar dari apa yang kamu lihat ini. Tidak perduli jika itu sulit dan hampir membuatmu putus asa, tapi akui saja proses ini. Nanti juga kamu akan tiba pada waktu di masa depan itu.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id