Begini hasil penanganan ABK WNI dari kapal Long Xing di Rumah Singgah Covid-19 Minahasa Utara

Media Sindikasi
Penulis Media Sindikasi
Edwin Silangen menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan ABK dan dokumen pelengkap lainnya.(Foto: Humas Polda Sulut)



AIRMADIDI, ZONAUTARA.com – Proses repatriasi 157 Anak Buah Kapal (ABK) WNI dari kapal Long Xing ke Indonesia dilakukan di Dermaga LCT Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (07/11/2020).

Dalam kapal yang datang dari wilayah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) itu juga terdapat 2 jenasah. Mereka kemudian dibawa ke Rumah Singgah Maumbi untuk menjalani tes kesehatan.

Sekprov Sulut Edwin Silangen bersama Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra dan pejabat terkait lainnya, mengunjungi Rumah Singgah di Kantor Badan Diklat Provinsi Sulut, Maumbi, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (09/11/2020).

Edwin menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan ABK dan dokumen pelengkap lainnya kepada Kepala UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado Hard F Marentek.

Dari hasil swab test menyatakan 155 ABK WNI dari Cina, negatif Covid-19, mereka kemudian akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing.
Pemprov Sulut bekerja sama dengan UPT BP2MI Manado, secara bertahap akan memulangkan para ABK ini.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast bersyukur hasil pemeriksaan swab test, seluruhnya negatif Covid-19.

“Sehingga para ABK ini bisa pulang kembali ke rumahnya masing-masing, dan kepulangannya nanti secara bertahap yang akan difasilitasi oleh BP2MI,” ujar Jules.

Rencana pemulangan para ABK ini, Jules mengatakan, dilaksanakan mulai hari Senin (09/11/2020), tahap pertama sebanyak 23 ABK dan pada Selasa (10/11/2020) sebanyak 20 orang. Sedangkan yang lainnya juga akan dipulangkan secara bertahap.

Penulis: Yoseph Ikanubun



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com