ZONAUTARA.com – Bagi para jomblo di dunia jangan bersedih, ternyata kalian punya peringatan pada setiap 11 November.

Mungkin tak banyak yang belum tahu atau masih penasaran mengapa 11 November ini diperingati sebagai Single Day atau Hari Jomblo Sedunia.

Peringatan hari jomblo ini berasal dari Universitas Nanjing, Tiongkok pada tahun 1993. Kala itu, setiap hari ini para pemuda jomblo punya kesempatan untuk saling bertemu dan bersenang-senang.

Awalnya hanya dirayakan oleh para pria yang disebut Hari Bujangan, tapi sekarang sudah dirayakan oleh para perempuan juga.

Di sana, “kencan buta” menjadi kegiatan populer yang dirayakan setiap 11 November. Sebagai upaya untuk para jomblo bisa mendapatkan jodoh mereka lewat perayaan tersebut.

Setelah itu, Hari Jomblo pun mulai menyebar ke univeritas lain yang ada di Nanjing.

Bahkan beberapa universitas menyelenggarakan kegiatan khusus untuk para jomblo.

Selain itu, di Tionghoa mempunyai makna simbol angka 11.11 yang dipilih sebagai hari jomblo karena angka “1” menyerupai “tongkat kosong” dalam bahasa China.

Angka tersebut juga merupakan bahasa gaul Internet China untuk pria lajang yang tidak menikah.

Dilansir dari suara.com, simbolisme angka 11 memiliki arti sebagai berikut:

  • “1”: angka 1 melambangkan individu, satu orang.
  • “11”: dua individu, menemukan satu sama lain, dan berada bersama di satu sisi tanggal khusus (11.11).
  • 2 x (11): perayaan dua (dan lebih) pasangan yang berbeda dan terpisah, masing-masing terdiri dari dua individu yang saling bertemu pada tanggal khusus (11.11).

11.11 Populer untuk Rayakan Hubungan

Hari Jomblo sedunia yang awalnya untuk para lajang yang bangga dengan statusnya ternyata diramaikan juga oleh para individu yang memiliki pasangan.

Hari 11.11 akhirnya menjadi tanggal populer juga untuk merayakan hubungan. Lebih dari 4.000 pasangan menikah di Beijing pada tanggal 11.11 di tahun 2011 ikut merayakannya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id