ZONAUTARA.com – Dokter M Ali Arifin semasa hidupnya merupakan sosok dokter yang begitu dikenal luas di masyarakat dan penuh kiprah dalam bidang kemanusiaan.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur ini senang melibatkan diri dalam menjalankan misi kemanusiaan, termasuk di daerah terdampak bencana sekalipun.

Dirinya pun tercatat sebagai Ketua Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat (FKSS), yang dalam kegiatannya selalu aktif menjalankan program kesehatan baik berupa sosialisasi tentang gerakan jamban sehat, taman sehat, pasar sehat, dan kampung sehat untuk daerah Kabupaten Sidoarjo.

Tak hanya itu, ia juga terlibat dalam misi penanggulangan bencana Covid-19 yang dinamakan Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) Covid-19 PKS Jawa Timur, seperti yang dikutip dari laporcovid19, melalui situs jatim.pks.id.

Terkonfirmasinya kondisi dokter Ali yang terpapar covid-19, sampai saat ini diduga terjadi akibat ia melakukan tugas kemanusiaaannya yang menuntut dirinya harus terjun langsung memberikan bantuan kepada masyarakat.

Walaupun sempat dirawat dan berjuang melawan covid-19 selama 3 minggu di RSUD Dr Soetomo Surabaya, sang dokter pada akhirnya harus berpulang tepat pada 18 Agustus 2020.

Kehidupan semasa ia hidup yang diisi berbagai hal hebat dan tak kenal lelah dalam membantu orang lain, membuat sosok ini mendapat tempat di dalam ingatan orang-orang yang mengenalnya.

Melalui laporcovid19, sebuah testimoni dari dokter Andi Sulistyo Saputrana menggambarkan jelas bagaimana sosok dokter Ali yang dikategorikan sebagai sosok relawan pejuang kemanusiaan yang rendah hati, sabar, telaten, dan penuh teladan.

“Beliau pejuang kemanusiaan di daerah bencana. Beliau seorang yang rendah hati, berkenan turun menjadi relawan bersama kami juniornya. Seorang yang sabar berjuang, telaten, dan menjadi contoh bagi kami dalam mendekatkan diri pada Allah SWT,” tulis dokter Andi.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id