bar-merah

Polres Talaud siap amankan Pilgub sesuai protokol kesehatan

zonautara.com
Kapolres Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan.(Foto: Istimewa)

MELONGUANE, ZONAUTARA.com – Sebanyak dua per tiga kekuatan personil Polres Talaud disiagakan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Kepulauan Talaud. Pengerahan kekuatan tersebut juga terkait pengawalan penerapan protokol kesehatan.

Kabupaten Kepulauan Talaud memang tidak menghelat Pemilihan Bupati (Pilbup). Tapi gelaran pesta demokrasi tetap dilaksanakan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan mengatakan, khusus pengamanan perhelatan Pilgub Sulut 9 Desember nanti, telah menyiapkan anggota untuk berjaga di seluruh tempat pemungutan suara (TPS). Baik mulai dari proses pemungutan suara sampai perhitungan di KPU.

“Kami siapkan dua pertiga kekuatan personel kami yang akan disebar ke 211 TPS di seluruh kecamatan,” ujarnya usai simulasi pemungutan suara di Lapangan Sangkundiman, Melonguane, Kamis (19/11/2020).

Dia mengungkapkan, akan terus mengintensifkan koordinasi dengan KPU terkait, pemerintah dengan keamanan wilayah. Tujuannya agar anggotanya dapat mem-backup pengamanan hingga ke tingkatan terbawah.

“Koordinasi dan pengamanan nantinya akan didukung juga pemerintah daerah yakni Satpol PP dan Linmas. Kami juga akan terapkan pengamanan mobile dengan mengerahkan patroli kepolisian,” katanya.

Soal simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Talaud, Kapolres Talaud mengapresiasinya karena terkait juga dengan penerapan protokol kesehatan. Dia berharap pada proses pemungutan suara nanti, protokol kesehatan bisa dijalankan sesuai rencana.

“Tinggal bagaimana KPU menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga menghindari munculnya klaster Pilkada,” imbuh Kapolres Talaud.

Penulis: Asrar Yusuf/beritakawanua.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com