20 anak muda belajar jurnalistik bersama Zona Utara

2 mins read
zonautara.com
Kursus Jurnalistik bersama Zona Utara (Image: Zona Utara/Tonny Rarung)

MANADO, ZONAUTARA.com – Sebanyak 20 orang anak muda ikut kick off kursus jurnalistik bersama Zona Utara, yang diadakan di kantor JNE Manado, Jalan AA Maramis, Sabtu (21/11/2020).

Para peserta beruntung lolos ikut kursus ini sebagian besar masih mahasiswa. Mereka terseleksi setelah melalui proses pendaftaran yang diikuti lebih dari 100 pendaftar.

Saat kick off kursus tersebut, para peserta mendapatkan pembekalan tentang dasar-dasar jurnalistik. Mulai dari apa itu jurnalis, jurnalistik, dan berita; era user generated content; masa depan jurnalistik; apa yang bisa dan tidak bisa di lakukan jurnalis; dan pengenalangan media mainstream vs media sosial.

Kick off kursus yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini mendatangkan pemateri-pemateri yang memiliki kapasitas dan kapabilitas di bidang jurnalistik, di antaranya Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Lynvia Gunde, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Sulut Vocke Lontaan, Pemimpin Redaksi Zona Utara Ronny Buol, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Manado Amanda Komaling, Ketua Majelis AJI Manado Yoseph Ikanubun, dan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Sulut Agust Hari.

Awi Kalugu, salah satu peserta kursus ini mengaku sangat beruntung bisa lolos ikut kursus jurnalis bersama Zona Utara.

“Awalnya hanya iseng mendaftar, tapi ternyata lolos. Beruntung saya akhirnya bisa berlajar bagaimana menulis dan bagaimana cara terjun langsung di lapangan sebagai jurnalis,” ungkap Awi.

Selain peserta berlatar belakang mahasiswa, ada juga salah seorang peserta yang berasal dari lembaga lingkungan hidup. Wiliam Andri (27), anggota Pemberdayaan Masyarakat dan Pendidikan Konservasi Alam, mengaku ingin belajar membuat konten agar bisa tahu bagaimana menulis dengan baik dan benar.

“Dengan kursus ini, saya bisa mempraktekan ilmunya saat turun ke masyarakat dalam rangka membagikan info-info mengenai konservasi,” ujarnya.

Kursus jurnalistik ini akan terus berlanjut sampai pertengahan bulan Desember 2020 dan dilaksanakan lewat kelas online.

Bagikan !

Latest from Blog

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com