ZONAUTARA.com – Bantuan kuota internet gratis pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi siswa dan guru bisa diperoleh dengan memasukan data nomor ponsel ke Dapodik. Sedangkan mahasiswa dan dosen memasukannya ke PD Dikti.

Kemendikbud akan memberikan kuota internet gratis kepada siswa sebesar 35 GB per bulan dan guru 42 GB per bulan. Lalu, Mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB per bulan.

Kuota gratis ini pun diberikan untuk mendukung Pendidikan Jarak Jauh atau daring, yang akan dinikmati mulai September hingga Desember 2020.

Hari ini, Jumat (11/09/2020) merupakan tenggat waktu terakhir pengajuan nomor telepon seluler atau handphone dalam program tersebut. Program ini pun dapat dinikmati oleh para pelanggan provider Axis dan XL.

Lansir dari kompas.com, berikut cara dapat bantuan kuota Kemendikbud

Pelanggan Axis (lama): Pelanggan harus mendaftarkan nomornya ke admin pendataan sekolah atau kampus sebelum 11 September 2020. Kuota akan diberikan jika nomor sudah terkonfirmasi oleh sistem dapodik Kemendikbud.

Untuk pelanggan Axis (baru):

Pelanggan mendapatkan perdana SP Axis dan mendaftarkan nomor tersebut ke admin pendataan sekolah atau kampus sebelum 11 September 2020.

Kuota akan diberikan setelah nomor terkonfirmasi oleh sistem dapodik Kemendikbud.

Untuk pelanggan Axis (baru):

Pelanggan mendapatkan perdana SP Axis dan mendaftarkan nomor tersebut ke admin pendataan sekolah atau kampus.

Kuota akan diberikan setelah nomor terkonfirmasi oleh sistem dapodik Kemendikbud.

Terkait waktu dikirimkannya kuota, pendistribusiannya akan dilakukan sesuai dengan ketentuan Kemendikbud.

Khusus pembelian SP Axis 2020 konsumen akan mendapatkan juga bonus berupa kuota edukasi yang bisa digunakan di situs edukasi dan conference sebesar 30 GB.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, bonus ini berlaku selama 60 hari tanpa syarat dan bisa langsung dinikmati saat langsung teraktivasi.

Adapun situs yang dapat digunakan untuk mengakses bonus SP Axis tersebut adalah: Zoom, Microsoft Teams, Google Classrom, Google Meet, Situs sekolamu, Situs Zenius, Situs Udemi Situs Ruang Guru, Website Kemendikbud, Website Universitas, dan sebagainya.

Adapun, bagi seluruh pelanggan Axis baik lama atau baru yang berstatus pelajar, guru, siswa dan mahasiswa, nantinya selain mendapatkan kuota dari Kemendikbud, juga akan mendapatkan kuota tambahan dari Axis sebesar 55 GB.

Kuota tambahan tersebut yakni kuota utama (15 GB) dan kuota chat (40 GB).

Tak hanya Axis, pelanggan XL juga dapat menikmati kuota gratis dari Kemendikbud.
Adapun cara untuk mendapatkan kuota gratis Kemendikbud untuk pelanggan XL, ketentuannya sama dengan Axis.

“(XL) sama persis seperti Axis,” kata Ayu.

Bagikan !