bar-merah

Tips cara mencairkan cokelat dengan benar

Cokelat
Ilustrasi cokelat (image: pixabay)

ZONAUTARA.comCokelat adalah salah satu makanan manis yang menjadi favorit banyak orang. Tidak hanya sebagai cemilan, produk pangan ini juga sering digunakan dalam berbagai olahan kue.

Mulai dari dark chocolate sampai white chocolate, ke dua jenis ini sering digunakan untuk mengolah kue. Masing-masing jenis coklat inipun memiliki penggemarnya tersendiri.

Tapi, sering di saat ingin menambahkan cokelat ke dalam adonan kue atau olahan dapur, biasanya kita akan mencairkannya terlebih dahulu. Inilah pentingnya bagi kalian untuk mengetahui tips cara mencairkan cokelat dengan benar agar jangan asal di cairkan begitu saja.

Berikut tipsnya agar bisa tetap menjaga kualitas cokelat meski harus di panaskan dan dicairkan.

Cokelat beku

Jika saat ingin mencairkan cokelat dalam kondisi beku, diamkanlah sebentar hingga mencapai suhu ruang. Hal ini akan membantu cokelat yang dicairkan tidak mengalami panas berlebihan pada bagian tertentu.

Penggunaan api

Perhatikan jenis cokelat yang akan kamu cairkan. Pada produk cokelat umum seperti dark chocolate atau milk chocolate, biasanya hanya membutuhkan api sedang untuk dilelehkan.

Padukan cokelat dengan bahan-bahan lain

Kamu bisa mencampurkan cokelat dengan bahan lain dari komposisi adonan sambil dilelehkan. Kamu juga bisa segera mencetak cokelat sebelum kembali mengeras.

Gunakan metode tim

Dibanding memanaskan cokelat secara langsung dengan wadah di atas api, coba cairkan cokelat dengan cara mengisi wadah berisi cokelat ke dalam wadah berisi air yang dipanaskan.

Cokelat serut

Dengan menyerut atau memotong cokelat ke bagian lebih kecil akan mempermudah dan mempercepat proses pencairan cokelat.

Itulah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan saat membutuhkan produk cokelat yang dilelehkan. Semoga membantu!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com