ZONAUTARA.com – Memang bagi sebagian orang mengelola emosi bukanlah hal yang mudah. Butuh tenaga dan kepintaran lebih dalam hal pemikiran dan kesadaran dalam diri sendiri.

Apalagi dengan memiliki sifat emosian, sebenarnya hanya akan memperlihatkan citra diri negatif ketimbang hal yang positif.

Untuk itu daripada kamu berlama-lama memelihara kebiasaan emosian ini, ada baiknya kamu mengetahui dampak yang akan kamu terima dari sifat suka emosian, melalui beberapa sumber yang telah kami rangkum.

Hubunganmu dengan orang lain akan rusak

Sifat emosian ini akan membuat hubunganmu dengan orang lain mudah rusak, termasuk orang yang paling dekat denganmu sekalipun.

Sekali dua kali mungkin akan bisa mereka terima, namun jika sudah berlebihan. Merekapun tidak segan untuk memilih menghindar atau menjauh darimu.

Kamu tidak bisa menarik perkataanmu

Kamu pasti sadar, ketika emosimu meluap-luap akan dengan mudahnya bagimu untuk mengeluarkan kata-kata negatif.

Ingat, mulai saat ini ada baiknya pikirkan kembali hal ini. Karena, apa yang sudah kamu katakan tidak bisa ditarik kembali dan pada ujungnya memberikan dampak negatif untuk dirimu.

Kamu akan menyesal dengan apa yang sudah kamu lakukan, tapi sudah terlambat

Penyesalan selalu datang di akhir, kalau di depan namanya pendaftaran. Untuk itu, daripada kamu selalu hidup dalam penyesalan, ada baiknya untuk memilih dengan bijak mengontrol emosimu.

Intinya, bukanlah emosi yang mengontrol dirimu, tapi dirimulah yang harus bisa mengontrol emosi itu.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id