ZONAUTARA.com – Pecundang selalu dilekatkan kepada seseorang yang hidupnya selalu kalah dalam hal apapun. Akibat terlalu sering kalah, mereka cenderung senang hidup dalam situasi yang mudah-mudah saja atau memilih menjauhi situasi sukar.

Itulah kenapa ketika bicara tentang kesuksesan, pecundang tentu tidak termasuk dalam kategori ini. Anda perlu mengetahui sifat-sifat pecundang agar bila ada yang tengah menggejala dalam diri Anda, dapat diatasi dengan segera.

Menunda

Kebiasaan menunda adalah sifat yang jelas menunjukkan seseorang sebagai pecundang. Kebiasaan buruk itu tidak bisa menghargai waktu.

Di luar sana ada banyak orang yang sedang bekerja keras karena mereka berkejaran dengan waktu yang dirasa sangatlah berharga.

Tidak mengakui kesalahan

Mereka memiliki ciri mental yang tidak ingin mengakui kesalahan. Pecundang lebih memilih lari dari masalah ketimbang menyelesaikannya secara berani.

Tipe manusia seperti ini juga termasuk sulit untuk bersikap jujur walaupun pada hal-hal kecil sekalipun.

Selalu mengatakan saya tidak bisa

Pecundang identik dengan pemilihan kata yang menggambarkan bahwa dirinya diciptakan sebagai orang yang tidak berguna atau tidak bisa melakukan apa-apa.

Mereka memilih untuk beranggapan bahwa orang lain lebih bisa, padahal diri mereka sendiri memiliki kemampuan yang luar biasa yang tidak disadari.

Terlalu banyak alasan

Seorang pecundang, sebelum melakukan sesuatu, penuh berbagai alasan. Kehidupan mereka diwarnai omong kosong tanpa tindakan nyata.

Itulah alasan kenapa para pecundang sulit untuk maju.

Selalu merasa diperlakukan tidak adil

Kehidupan para pecundang selalu merasa hampa dan ingin didahulukan tanpa belajar untuk sadar diri. Mereka senang menuntut orang lain untuk mendahulukan mereka, tapi diri mereka sendiri tidak melakukan hal yang sama.

Itulah kenapa mereka akan sering merasa diperlakulan tak adil. Padahal, sebenarnya yang keliru adalah diri mereka bukan perlakuan orang lain.

Merasa keberhasilan orang lain hasil dari keberuntungan

Kerjaan pecundang senang melihat keberhasilan karena hasil dari keberuntungan bukan kerja keras.

Mereka tidak menyadari bahwa setiap keberhasilan adalah hasil perjuangan yang menguras emosi dan air mata.

Mengerjakan segala sesuatu dengan setengah-setengah

Pecundang tidak mengenal kata totalitas dalam kehidupannya. Mereka lebih senang fokus pada keuntungan pribadi dan menjauhi kerja keras.

Itulah kenapa, ketika bekerja dengan tipe manusia seperti ini akan terasa sulit karena lebih banyak ingin santai.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id