bar-merah

Kodim 1309/Manado terapkan protokol kesehatan di era new normal

MANADO, ZONAUTARA.com – Kepatuhan pada penerapan protokol kesehatan secara disiplin memang menjadi kunci pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain adalah 3M yakni mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

Tak terkecuali di Kodim 1309/Manado. Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan dengan ketat mulai dari gerbang pintu masuk hingga ke dalam ruangan.

Komandan Kodim (Dandim) 1309/Manado, Kolonel Inf YR Raja Sulung Purba mengatakan sejak Covid-19 melanda, telah menyediakan tempat cuci tangan di pintu gerbang masuk. Sedangkan di dalam ruangan-kerja dan ruang tamu disediakan hand sanitizer.

“Seluruh personil dan staf diwajibkan untuk tetap menggunakan masker selama masih di dalam kawasan Kodim,” ujar Raja, Kamis (10/12/2020).

Pelaksanaan apel pun dilakukan dengan menjaga jarak. Begitu juga untuk jumlah personil yang bekerja di dalam ruangan juga dibatasi agar bisa saling menjaga jarak.

“Kami juga menyediakan berbagai informasi mengenai tata cara penerapan protokol kesehatan di lingkungan Kodim 1309/Manado,” kata Dandim didampingi Pasi Ops Mayor Inf Frans Dahua .

Selain kepada personilnya, protokol kesehatan juga diberlakukan kepada tamu yang datang. Tamu akan diukur suhu tubuh oleh prajurit di gerbang masuk.

Setelah itu, tamu akan diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun ke tempat yang disediakan. Ia mengatakan, jika tamu menggunakan mobil, bisa tidak turun dari mobil, tapi memperlihatkan penggunaan hand sanitizer.

Tamu kemudian memarkirkan kendaraan ke parkiran yang disediakan, kemudian menuju piket jaga untuk melaporkan maksud dan keperluan. Setelah itu, menunggu di ruang tamu sampai mendapat disposisi untuk bertemu dengan anggota yang dituju.

“Penrapan protokol kesehatan ini hingga pandemi Covid-19 berakhir. Jika perlu, ini akan terus dilakukan untuk menjadi kebiasaan baru di era new normal sebagai bentuk menjalankan pola hidup sehat,” pungkas Kolonel Inf YR Raja Sulung Purba.

Penulis: Asrar Yusuf



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com