bar-merah

Pesan berantai melalui WA tentang Manado zona hitam itu hoax!

pesan berantai WA hoax
Pesan berantai WA yang hoax.(Image: edited by zonautara.com)

ZONAUTARA.com – Pesan berantai yang sempat menyebar melalui layanan WhatsApp (WA) dan menyebutkan Kota Manado kini berstatus Zona Hitam itu hanyalah informasi hoax belaka.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) Steaven Dandel Satgas mengatakan, dalam zonasi wilayah resiko Covid-19 tidak ada wilayah yang namanya zona hitam.

“Yang ada hanya zona hijau, zona kuning, zona orange, dan zona merah. Tidak pernah ada istilah hitam dalam zonasi,” ujar Steaven Senin (14/12/2020) petang.

Dijelaskannya juga, tidak benar Rumah Sakit (RS) Teling ditutup karena sampai sekarang RS Teling tetap beroperasi dan merawat pasien seperti biasa.

Pesan berantai yang terbukti hoax belaka tersebut berbunyi:

Penting.!!!!

Utk teman teman… saya baru selesai rpt evaluasi dengan team penanggulangan COVID 19 Propinsi Sulut.. hasilnya Manado saat ini zona hitam, semua Rumah sakit rujukan COVID 19 FULL… utk itu dihimbau agar taati prosudur kesehatan, pake masker cuci tangan, jaga jarak.. jgn pandang enteng kasiang, cm kota Manado hari2 50 sampai 60 pasien covid 19…KUATKAN IMAN DAN IMUN agar kita AMAN…Gbu..

Rumah sakit Teling ( tentara ) untuk sementara di tutup..28 para medis terkena Covid..jadi torang musti lebih hati hati..taati aturan Protokol Kesehatan..

Peta sebaran Covid-19
Peta sebaran Covid-19 13 Desember 2020.

Berdasarkan peta sebaran Covid-19 di Sulut tersebut, dapat dilihat bahwa jumlah total pasien di Kota Manado yang dirawat sebanyak 770 orang, dengan total kesembuhan sebanyak 2.273 kasus.

“Informasi ini adalah informasi resmi. Jadi kalau beredar berita di luar terkait zonasi ini, maka silahkan di forward informasi (peta sebaran Covid-19) ini ke grup itu,” kata Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COvid-19 Sulut.

Masyarakat diminta untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak berasal dari sumber resmi. Pasalnya, informasi update perkembangan Covid-19 di Sulut dirilis secara reguler oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut setiap hari.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com