bar-merah

Rekor di Sulut: 173 kasus baru corona, 37 di Manado, 15 di Boltim, 31 di Mitra

Swab Test Covid-19
Petugas sedang menyiapkan swab test covid-19, di Dinkes Prov. Sulut (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Sulawesi Utara mencatat rekor tertinggi dalam perkembangan epidemiologi virus corona, dengan bertambahnya 173 kasus baru konfirmasi Covid-19 pada Rabu (16/12/2020).

“Ini merupakan rekor tertinggi pertambahan kasus baru harian di Sulut sejak dimulainya pandemi Covod-19 di wilayah ini,” tulis Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut, Steaven Dandel. melalui rilis tertulis yang diterima Zonautara.com.

Beberapa daerah seperti Minahasa Tenggara (Mitra) dan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melaporkan sejumlah kasus yang terjadi pada tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan tingkat pertama di Puskesmas.

“Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi transmisi aktif di masyarakat. Kemungkinan besar pengunjung Puskesmas yang datang untuk berobat adalah mereka yang memiliki SARS CoV-2 di dalam tubuh mereka yang kemudian menjangkiti petugas yang ada di Puskesmas,” jelas Dandel.

Kontribusi lainnya yang cukup besar juga datang dari suspek yang sedang dirawat di berbagai rumah sakit yang ada di Sulut.

Dari 173 kasus baru konfirmasi hari ini, kontribusi terbesar datang dari Manado yakni sebanyak 37 kasus, sementara Mitra ada sebanyak 31 kasus.

Kasus lainnya tercatat dilaporkan dari Bitung 16 kasus baru, Tomohon 14 kasus, Minahasa ada 26 kasus dan Minahasa Selatan ada 2 kasus.

Sementara Minahasa Utara mencatat 21 kasus baru, Kotamobagu 2 kasus, Boltim ada 15 kasus, Sitaro ada 2 kasus, Sangihe 3 kasus dan Talaud melaporkan 2 kasus baru.

Total secara akumulatif kasus Covid-19 di Sulut kini sudah mencapai 8.289 kasus, dimana 6.069 diantaranya sudah sembuh, bertambah 21 kasus sembuh hari ini.

“Jumlah total yang meninggal karena corona di Sulut sudah mencapai 273 orang, dimana hari ini ada satu orang yang dilaporkan meninggal,” tambah Dandel.

Kasus aktif yang dirawat maupun yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 1.957 pasien.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com