MANADO, ZONUTARA.com – Penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) yang dalam beberapa waktu terakhir melonjak tajam, membuat pemerintah Sulut mengupayakan berbagai cara untuk menghentikan penyebarannya agar tak semakin banyak warga yang terjangkit.

Apalagi sekarang sedang memersiapkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang dapat memicu banyak warga berbondong-bondong mendatangi pusat perbelanjaan.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Sulut memerlakukan periksaan rapid test bagi pengunjung yang hendak memasuki mall atau pusat perbelanjaan. Demikian yang dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2020, Senin (21/12/2020).

“Masyarakat yang datang ke mall, selain kita minta jaga jarak, juga akan kita lakukan rapid test. Sehingga yang masuk mall merasa aman. Jika ada yang reaktif, langsung di-swab di mobil pemeriksaan PCR,” kata Olly.

Olly yang menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Samrat 2020 yang dilaksanakan di area Pohon Kasih Kawasan Megamas Manado tersebut membacakan amanat Kapolri.

Operasi Lilin yang akan digelar mulai 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dilaksanakan dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Polri pun menyiapkan 83.917 personil polisi, TNI sebanyka 15.842 personil, serta instansi terkait lainnya sebanyak 55.086 personil.

Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat serta keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas

“Ada 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan, dan lain-lain,” jelas Olly.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id