ZONAUTARA.com – Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan seluruh jajaran kini tercatat tengah menggelar 3 operasi sekaligus, yaitu Operasi Mantap Praja 2020 untuk pengamanan Pilkada Serentak, Operasi Aman Nusa II untuk pencegahan Covid-19, dan Operasi Lilin Samrat 2020 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Operasi Lilin Samrat 2020 sudah dimulai sejak Senin (21/12/2020) dan akan berlangsung hingga 4 Januari 2021. Operasi ini diawali dengan Apel Gelar Pasukan di kawasan Megamas Manado.

Personil Polda Sulut dan jajaran yang masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Lilin Samrat 2020 langsung melaksanakan tugas di lapangan dengan melakukan patroli di sejumlah lokasi pusat keramaian dan pusat perbelanjaan di Kota Manado, Senin (21/12/2020) malam.

Patroli pun dilaksanakan di titik rawan macet dan sepanjang kawasan bisnis Megamas Manado yang dipimpin Iptu Saleh.

Satgas Operasi Lilin ini selain memantau situasi kamtibmas dan kamseltibcarlantas, juga melaksanakan pencegahan penyebaran covid-19 dengan memberikan imbauan kepada warga yang kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast menjelaskan, sasaran Operasi Lilin Samrat-2020 kali ini bukan hanya gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas jelang Natal dan Tahun Baru, namun juga upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Jelang Natal dan Tahun Baru banyak warga yang kumpul-kumpul berkerumun yang berpotensi terjadi penyebaran covid-19, hal ini yang kita antisipasi dengan terus melakukan patroli imbauan dan pengawasan langsung di lapangan melalui Operasi Lilin Samrat maupun Operasi Aman Nusa II,” ujar Jules.

Ia berharap, ini menjadi perhatian bersama seluruh lapisan masyarakat agar terus saling mengingatkan protokol kesehatan supaya tidak terjadi klaster-klaster baru penyebaran covid-19, karena saat ini banyak daerah di Sulut yang sudah berada pada zona merah covid-19.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id