AMURANG, ZONAUTARA.com – Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) membuat beberapa daerah di Sulut menerapkan aturan ketat masuk wilayahnya. Seperti di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Setiap warga luar daerah yang datang bertamu di wilayah Kabupaten Minsel akan diperiksa suhu tubuh oleh petugas gabungan Gugus Tugas Covid-19 yang dibantu personil TNI/Polri dan instansi terkait pemerintah daerah.

Pemeriksaan ini akan dilaksanakan di Pos Terpadu Operasi Lilin Samrat-2020 Polres Minsel di Maruwasey, serta pos taktis lainnya yang menjadi titik akses pintu masuk Minsel dari luar daerah.

Mekanismenya, yakni setiap kendaraan yang masuk wilayah Minsel akan dicegat, penumpangnya diperiksa suhu tubuh dengan thermo gun oleh petugas kesehatan. Bila suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius, akan dipersilahkan untuk jalani rapid test.

“Bila hasilnya reaktif, yang bersangkutan akan kami bawa menggunakan mobil ambulance menuju rumah singgah atau rumah isolasi Covid-19 di Amurang untuk menjalani swab test atau PCR,” jelas Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, Rabu (23/12/2020).

Upaya memerketat akses masuk wilayah Minsel ini dilakukan untuk mengantisipasi serta menekan angka penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

“Tes suhu tubuh terhadap setiap warga luar daerah yang datang di Minsel ini sebagai upaya kami bersama Gugus Tugas Covid-19 serta instansi terkait lainnya guna mengantisipasi dinamika situasi perayaan Natal dan Tahun Baru di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id