bar-merah

Pintu masuk kunjungan Taman Nasional Bunaken terapkan protokol kesehatan ketat

MANADO, ZONAUTARA.com – Jumlah wisatawan yang akan ke Taman Nasional (TN) Bunaken diprediksi akan meningkat pada masa libur dan cuti bersama Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Sejak reaktivasi pembukaan TN Bunaken, jumlah kunjungan wisatawan terus mengalami peningkatan.

Hal ini seperti yang dikatakan Kepala Balai TN Bunaken Genman Suhefti Hasibuan pada rapat bersama stakeholder TN Bunaken, yang di antaranya dihadiri seluruh pegawai Balai Taman Nasional Bunaken, Selasa (22/12/2020). Menurutnya, hingga 22 Desember 2020, jumlah pengunjung mencapai 6.440 orang yang didominasi wisatawan nusantara.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di pintu masuk kunjungan,” kata Genman, .

Kepala Balai TN Bunaken menyampaikan bahwa protokol kesehatan tetap dilaksanakan di pintu-pintu masuk kunjungan, terutama di pintu masuk Liang Pulau Bunaken dengan penyediaan alat pendeteksi suhu, tempat cuci tangan bagi pengunjung, serta pelayanan tiket masuk untuk wisatawan yang tetap menjaga jarak untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu katanya, mengingat di akhir tahun perubahan cuaca, gelombang dan angin dalam kawasan akan meningkatkan volume sampah di beberapa titik destinasi utama wisata seperti Pantai Liang. Untuk mengantisipasinya, akan dilaksanakan pembersihan secara rutin setiap pagi oleh petugas dibantu masyarakat.

Menurutnya, Balai TN Bunaken akan menempatkan petugas lapangan dengan penjadwalan piket dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan bersih sampah di titik destinasi wisata. Semua jajaran diperintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan aparat lainnya yang terkait termasuk masyarakat di tingkat lapangan dalam kegiatan pelayanan pengunjung dan antisipasi meningkatnya volume sampah.

“Seluruh petugas wajib mematuhi protokol kesehatan, serta telah dilakukan pemeriksaan rapid antigen sebelum melaksanakan tugas lapangan,” ujarnya.

Penulis: Asrar Yusuf/beritakawanua.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com