bar-merah

Sandiaga Salahuddin Uno: Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menjadi lokomotif Indonesia

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno.(Foto: Humas Setkab)

ZONAUTARA.comSandiaga Salahuddin Uno yang telah diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) meyakini sektor yang bakal dipimpinnya nanti akan menjadi lokomotif Indonesia untuk bangkit pasca-pandemi Covid-19.

Usai namanya diumumkan menjadi calon Menparekraf oleh Presiden Joko Widodo di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) sore, Sandiaga bertekad akan melanjutkan agenda pembangunan sehingga dapat terus membuka lapangan kerja seluas-luasnya serta menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata, maupun ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta, yang harus kita selamatkan,” kata Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut menyampaikan bahwa dirinya akan menerapkan tiga strategi dalam mengembangkan parekraf ke depannya.

Pertama, strategi inovasi. Dengan menggunakan teknologi seperti big data dan pendekatan kekinian untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan, serta memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan.

“Bukan hanya survive but also thriveSurvive and thrive, bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang,” ujarnya.

Kedua, strategi adaptasi, termasuk di saat pandemi sekarang ini.

“Kita sekarang menghadapi pandemi, (harus) mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) salah satunya,” terangnya.

Terakhir, strategi kolaborasi. Kementerian Parekraf akan berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk kementerian/lembaga, pemerintah daerah, akademisi, universitas, serta masyarakat dan dunia usaha. Sejumlah organisasi seperti Kamar Dagang dan Industri, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor akan dilibatkan.

Sandiaga menyadari bahwa kebangkitan bangsa Indonesia pasca pandemi Covid-19 ini sangat bergantung pada penanganan masalah kesehatan.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi COVID-19, dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujarnya.

Menutup keterangan persnya, Sandiaga menyampaikan terima kasih kepada pendahulunya di Kementerian Parekraf.

“Kita harus terus menjalankan kolaborasi, melanjutkan yang baik dan mengoreksi apa yang perlu diperbaiki,” kata Sandiaga.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com