bar-merah

Di masa depan bisa muncul pandemi ‘Disease X’

Disease X
Ilustrasi dari Unsplash,com

ZONAUTARA.com – Para ilmuwan memperkirakan, pandemi Covid-19 bukan merupakan pandemi terakhir yang akan dihadapi umat manusia. Dimasa depan manusia masih akan menghadapi berbagai pandemi.

Para ilmuwan menyebut penyakit menular yang bisa menyebabkan pandemi di masa depan dengan istilah Disease X, untuk merujuk penyakit menular yang belum diketahui.

Covid-19 sendiri awalnya merupakan disease X sebelum namanya resmi disebut sebagai coronavirus disease 2019, yang telah menyebabkan krisis sepanjang tahun 2020.

Profesor emeritus dari University of Arizona, Dr Kenneth Iserson kepada The Straight Times mengungkap prediksi bahwa sejumlah penyakit menular berpotensi menjadi Disease X.

“Ada kemungkinan penyakit menular tak dikenal lainnya sudah bersirkulasi dan bisa memberikan implikasi dahsyat,” kata Dr Iserson, dikutip dari The Straight Times.

Respons dunia dalam menghadapi pandemi Covid-19, menurut Dr Iserson menunjukkan disparitas dan ketidakkompakan. Menurutnya, dunia tidak belajar banyak dalam mempersiapkan pandemi berikutnya.

Disease X merupakan istilah yang dipakai WHO untuk menyebut berbagai patogen mematikan, termasuk SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan Ebola, yang mendapat prioritas utama dalam riset karena berpotensi menyebabkan pandemi.

Presiden Public Health Foundation di India, Dr K Srinath Reddy, menyebut vaksin saja tidak cukup. Menurutnya, vaksin dan pengobatan lebih merupakan langkah reaktif dibanding preventif atau pencegahan.

“Mereka bukan jaminan perlindungan jangka panjang, Mikroba juga belajar bermutasi. Lebih penting lagi, pandemi-pandemi baru bisa mulai muncul dan menghadirkan malapetakan sebelum kita mengembangkan vaksin atau menguji obat untuk melawannya,” kata Dr Srinath.

Surveilans aktif internasional, menurut Dr Iserson merupakan antisipasi terbaik yang bisa dilakukan. Ia menyebut, China, lembah Amazon, dan Afrika tengah, merupakan beberapa hotspot yang perlu diamati.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com