Penjelasan BPOM tentang efek samping vaksin corona Sinovac yang telah memiliki izin EUA

Novita Wenzen
Penulis Novita Wenzen



ZONAUTARA.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use autorization (EUA) untuk vaksin Corona buatan Sinovac yaitu CoronaVac.

Dalam konferensi pers secara daring, Senin (11/01/2021) kemarin, Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan selama uji klinis vaksin Sinovac, ditemukan beberapa efek samping ringan hingga sedang.

“Secara keseluruhan menunjukkan vaksin Covid-19 CoronaVac aman dengan kejadian efek samping yang ditimbulkan ringan hingga sedang, yaitu efek samping lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan, serta efek samping berupa nyeri otot, fatigue dan demam,” jelas Penny.

Penny juga menjelaskan frekuensi dari efek samping vaksin tersebut dengan derajat berat seperti sakit kepala, gangguan kulit, atau diare dilaporkan hanya sekitar 0,1-1 persen.

Selain telah mengantongi izin BPOM, vaksin virus corona Sinovac juga telah memenuhi persyaratan World Health Organization (WHO)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com