Majene kembali digoncang gempa magnitudo 5. BMKG perkirakan gempa susulan masih akan terjadi

1 min read
Gempa Majene
Gempa di Majene, Sulbar.(Image: BMKG)

ZONAUTARA.com – Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), kembali diguncang gempa bermagnitudo 5 pada Sabtu (16/01/2021) pukul 06:32:55 WIB. Gempa tersebut terjadi pada titik 2.89 Lintang Selatan 119.03 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat 20 km Timur Laut Majene. Guncangan gempa dirasakan di wilayah Majene.

Pihak BMKG sebelumnya telah memprediksi gempa susulan masih akan terjadi seperti lazimnya setelah terjadi gempa kuat.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan waspada terhadap kemungkinan gempa susulan yang kekuatannya signifikan.

Selain itu, gempa susulan signifikan juga dapat memicu adanya longsoran landslide dan runtuhan batu rockfall, sehingga masyarakat di kawasan perbukitan dengan tebing curam agar perlu waspada.

Belajar dari sejarah bahwa pesisir Majene pernah dilanda gelombang tsunami yang dipicu adanya gempa bumi seperti pada tahun 1969, maka masyarakat khususnya yang berada di wilayah pantai atau pesisir agar waspada. Apabila merasakan gempa bumi kuat agar segera menjauhi pantai.

Untuk terus meningkatkan kewaspadaan, masyarakat juga diminta agar tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atau hoax mengenai prediksi dan ramalan gempa bumi yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com