Minahasa memulai vaksinasi virus corona

  • Share

MINAHASA, ZONAUTARA.com – Pelaksanaan vaksinasi virus corona di Kabupaten Minahasa guna menekan penyebaran Covid-19 dimulai. Hal itu ditandai dengan launching di Puskesmas Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara, Jumat (29/1/2021).

Launching ditandai dengan penyuntikan vaksin kepada sejumlah pejabat setempat yang disaksikan Bupati Royke O Roring (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD). Mereka yang divaksin diantaranya Wakil Ketua TP-PKK Ny Martina Dondokambey-Lengkong, Wakil Ketua DPRD Okstesi Runtu dan Denni Kalangi, Kepala Kejaksaan Negeri Rakhmat Budiman, Kepala Dinas Kesehatan Maya Rambitan serta perwakilan jurnalis Kelly Korengkeng.

Rambitan menjelaskan bahwa mereka yang masuk dalam daftar untuk menerima vaksinasi terdiri dari perwakilan tenaga kesehatan, unsur pemerintah, Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa, Hukum Tua hingga wartawan.

Baca Pula:  Mulai besok tempat wisata di Minahasa tutup sementara

“Dari hasil pemeriksaan, tidak semua bisa divaksin karena beberapa hal. Diantaranya tekanan darah di atas batas normal yang ditentukan yaitu 140/90,” kata Rambitan.

Sehingga mereka yang tekanan darah di atas normal diminta untuk beristirahat sejenak dan melakukan pemeriksaan kembali. Dan ketika pemeriksaan kembali masih tak normal, sehingga tidak bisa divaksin.

Ditambahkannya, yang disuntikan vaksin telah memenuhi syarat seperti usia diantara 18 hingga 59 tahun. Tidak menderita penyakit ginjal, wanita hamil dan menyusui, tekanan darah sesuai standart, bukan penderita HIV, tak memiliki riwayat terkonfirmasi positif COVID-19, bukan penderita diabetes melitus, penyakit saluran pencernaan kronis serta paru-paru seperti asma, PPOK dan TBC.

Baca Pula:  Kegiatan Pendidikan Kader 'Sumikola' GAMKI Minahasa resmi bergulir

“Vaksinasi akan berlanjut hingga beberapa hari kedepan di seluruh fasilitas kesehatan seperti Puskesmas dan rumah sakit. Semoga saja agenda ini akan berjalan sebagaimana direncanakan hingga bisa selesai baik,” tambahnya.

Sementara Bupati mengatakan patut disyukuri karena pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan sesuai jadwal dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Sulawesi Utara.

“Hasil pemantauan berjalan lancar, diharapkan pula sama di lokasi lain. Dengan harapan pertengahan tahun 2021 vaksinasi sudah mencapai 70 persen,” tukas ROR.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPRD Glady Kandouw, Ketua TP-PKK Ny Fenny Roring-Lumanauw, Kapolres AKBP Henzly Moningkey, Kasdim Mayor Inf Feky Welang, Sekdakab Frits Muntu serta Jajaran Pemkab. (kelly)

| TerasManado



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com