bar-merah

Menantu Trump dinominasikan untuk hadiah Nobel perdamaian

Jared Kushner
ared Kushner and aide Avi Berkowitz (L) have been nominated for the Nobel peace prize by Harvard Law School professor emeritus, Alan Dershowitz. Photograph: Kevin Lamarque/Reuters

ZONAUTARA.com – Mantan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner dan wakilnya, Avi Berkowitz, telah dinominasikan untuk hadiah Nobel perdamaian atas peran mereka dalam menegosiasikan empat kesepakatan normalisasi antara Israel dan negara-negara Arab yang dikenal sebagai “Abraham Accords”.

Kushner, yang merupakan menantu Trump, dan Berkowitz, yang merupakan utusan Timur Tengah, adalah tokoh kunci dalam merundingkan kesepakatan antara Israel dan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Dua mantan deputi Presiden saat itu Donald Trump dinominasikan oleh pengacara Amerika Alan Dershowitz, yang memenuhi syarat untuk melakukannya dalam kapasitasnya sebagai profesor emeritus di Harvard Law School.

Dershowitz membela Trump dalam persidangan pemakzulan pertamanya tahun lalu dan mengatakan kepada Wall Street Journal pada 20 Januari bahwa Senat harus menolak artikel pemakzulan terhadap mantan presiden, karena dia tidak lagi menjabat.

Ribuan orang, dari anggota parlemen di seluruh dunia hingga mantan pemenang, berhak untuk mengajukan kandidat. Nominasi, yang ditutup pada hari Minggu, tidak menyiratkan dukungan dari komite Nobel.

Di antara yang dinominasikan untuk hadiah tahun ini adalah pembangkang Rusia Alexei Navalny, Organisasi Kesehatan Dunia dan juru kampanye iklim Greta Thunberg. Semua didukung oleh anggota parlemen Norwegia yang memiliki rekam jejak dalam memilih pemenang.

“Abraham Accords” diumumkan antara pertengahan Agustus dan pertengahan Desember dan merupakan terobosan diplomatik paling signifikan di Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir, saat kawasan itu bersiap untuk konfrontasi berkepanjangan dengan Iran.

Kushner mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia merasa terhormat dinominasikan untuk hadiah tersebut, yang akan diberikan pada bulan Oktober.

Pemerintahan Presiden Joe Biden diharapkan dapat meninjau semua kesepakatan keamanan nasional yang dicapai selama pemerintahan Trump, termasuk paket senjata untuk Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Ada beberapa keluhan dari anggota parlemen tentang kesepakatan Maroko karena untuk membuat Maroko menyetujuinya, Amerika Serikat mengakui kedaulatan Maroko atas wilayah Sahara Barat yang disengketakan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com