ZONAUTARA.comJames Madison (16 Maret 1751 – 28 Juni 1836) adalah seorang politikus Amerika dan Presiden keempat Amerika Serikat, dan salah satu Bapak Pendiri Amerika Serikat.

Madison dianggap sebagai “Bapak Konstitusi”, dia adalah penulis utama dokumen tersebut. Pada 1788, dia menulis lebih dari sepertiga dari Federalist Papers, yang merupakan komentar paling berpengaruh tentang Konstitusi.

Sebagai pemimpin di Kongres pertama, Madison merancang banyak undang-undang dasar dan bertanggung jawab atas sepuluh amandemen pertama Konstitusi (dikatakan berdasarkan Deklarasi Hak Virginia), dan dengan demikian juga dikenal sebagai “Father of the Bill of Rights”.

Sebagai ahli teori politik, keyakinan paling khas Madison adalah bahwa republik baru membutuhkan pengawasan dan keseimbangan untuk membatasi kekuasaan kepentingan khusus, yang disebut oleh Madison sebagai faksi.

Dia sangat yakin bahwa negara baru harus melawan aristokrasi dan korupsi dan sangat berkomitmen untuk menciptakan mekanisme yang akan memastikan republikanisme di Amerika Serikat.

Sebagai pemimpin di Dewan Perwakilan, Madison bekerja sama dengan Presiden George Washington untuk mengatur pemerintahan federal yang baru. Putus dengan Menteri Keuangan Alexander Hamilton pada tahun 1791, Madison dan Thomas Jefferson mengorganisir apa yang mereka sebut sebagai partai republik (kemudian disebut Partai Demokrat-Republik) yang bertentangan dengan kebijakan utama Federalis, terutama bank nasional dan Perjanjian Jay.

Madison diam-diam menulis bersama dengan Thomas Jefferson, Resolusi Kentucky dan Virginia pada tahun 1798 untuk memprotes Undang-undang Alien dan Penghasutan.

Sebagai Sekretaris Negara Jefferson (1801-1809), Madison mengawasi Pembelian Louisiana, melipatgandakan ukuran negara, dan mensponsori Undang-Undang Embargo yang naas di tahun 1807.

Sebagai presiden, dia memimpin negara itu ke dalam Perang tahun 1812 melawan Inggris Raya secara berurutan untuk melindungi hak ekonomi Amerika Serikat. Konflik itu dimulai dengan situasi buruk ketika orang Amerika menderita kekalahan demi kekalahan oleh pasukan yang lebih kecil, tetapi berakhir dengan semangat tinggi pada tahun 1815, yang memicu semangat nasionalisme baru melanda negara itu.

Selama dan setelah perang, Madison membalikkan banyak posisinya. Pada tahun 1815, ia mendukung pembentukan Bank Nasional kedua, militer yang kuat, dan tarif tinggi untuk melindungi pabrik-pabrik baru yang dibuka selama perang.

Quote terkenal

If men were angels, no government would be necessary.” (Jika laki-laki ada malaikat, tidak perlu ada pemerintahan) — The Federalist, Number 47, January 17, 1788.

“The advice nearest to my heart and deepest in my convictions is that the Union of the states be cherished and perpetuated.” — Advice to my Country, 1834

“It will be of little avail to the people that the laws are made by men of their own choice if the laws be so voluminous that they cannot be read, or so incoherent that they cannot be understood.”

“In Republics, the great danger is, that the majority may not sufficiently respect the rights of the minority. (Di Republik, bahaya terbesar adalah mayoritas yang tidak menghormati minoritas)”

“The purpose of separation of church and state is to keep forever from these shores the ceaseless strife that has soaked the soil of Europe with blood for centuries.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id