Short story, Presiden AS: John Quincy Adams (4 Maret 1831 – 23 Februari 1848)

  • Share
Presiden AS 06 John Quincy Adams
John Quincy Adams by George Peter Alexander Healy, 1858. (White House Historical Association/Wikimedia)

ZONAUTARA.comJohn Quincy Adams (11 Juli 1767 – 23 Februari 1848) adalah seorang diplomat, politisi, dan Presiden keenam Amerika Serikat.

Afiliasi partainya adalah Federalis, Demokrat-Republik, Republik Nasional, dan kemudian Anti-Masonik dan Whig.

Adams adalah putra Presiden Amerika Serikat John Adams dan Abigail Adams. Dia paling terkenal sebagai diplomat yang terlibat dalam banyak negosiasi internasional, dan untuk merumuskan Doktrin Monroe.

Sebagai presiden, dia mengusulkan program besar modernisasi dan kemajuan pendidikan, tetapi tidak berhasil mendapatkannya melalui Kongres.

Di akhir hidupnya, sebagai anggota Kongres, dia adalah penentang utama Kekuatan Budak, dengan alasan bahwa jika perang saudara pecah, presiden dapat menghapus perbudakan dengan menggunakan kekuatan perangnya, sebuah kebijakan yang diikuti oleh Abraham Lincoln dalam Proklamasi Emansipasi tahun 1863 .

Selama masa jabatannya, ia bekerja mengembangkan Sistem Amerika, yang terdiri dari tarif tinggi untuk mendukung perbaikan internal seperti pembangunan jalan, dan bank nasional untuk mendorong perusahaan yang produktif dan membentuk mata uang nasional.

Baca Pula:  Joe Biden ucapkan selamat HUT kemerdekaan untuk Indonesia

Dalam pesan tahunan pertamanya kepada Kongres, Adams mempresentasikan program ambisius untuk modernisasi yang mencakup jalan, kanal, universitas nasional, observatorium astronomi, dan inisiatif lainnya.

Dukungan untuk proposalnya terbatas, bahkan dari pendukungnya sendiri. Para pengkritiknya menuduhnya arogansi yang tidak pantas karena kemenangan tipisnya. Sebagian besar inisiatifnya ditentang di Kongres oleh para pendukung Jackson, yang tetap marah selama pemilu 1824.

Namun demikian, beberapa proposalnya diadopsi, khususnya perluasan Jalan Cumberland ke Ohio dengan survei untuk kelanjutannya ke barat ke St. Louis; awal dari Kanal Chesapeake dan Ohio pembangunan Kanal Delaware dan Chesapeake dan Kanal Portland ke Louisville di sekitar air terjun Ohio; hubungan Great Lakes dengan sistem Sungai Ohio di Ohio dan Indiana; dan perluasan dan pembangunan kembali Kanal Rawa Dismal di Carolina Utara.

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Quote penting

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” (Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk lebih banyak bermimpi, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih banyak, Anda adalah seorang pemimpin.)

“Patience and perseverance have a magical effect before which difficulties disappear and obstacles vanish.” (Kesabaran dan ketekunan memiliki efek magis sebelum kesulitan menghilang dan rintangan menghilang.)

“Always vote for principle, though you may vote alone, and you may cherish the sweetest reflection that your vote is never lost.”

“Posterity: you will never know how much it has cost my generation to preserve your freedom. I hope you will make good use of it.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com