Hari ini dalam sejarah: 10 Februari

  • Share

ZONAUTARA.com – Beberapa kejadian penting di dunia terjadi pada tanggal 9 Februari. Beberapa di antaranya yakni:

Kasparov bertanding catur dengan
komputer

1996

Di tahun 1996, juara catur dunia Garry Kasparov memulai pertandingan
enam ronde melawan Deep Blue, komputer untuk bermain catur yang dibuat oleh IBM. Dalam pertandingan bersejarah itu, Kasparov mengklaim kemenangan 4-2 (meskipun Deep Blue memenangkan pertandingan ulang pada tahun berikutnya) .

Arthur Miller

2005

Arthur Miller dikenal sebagai salah satu penulis drama paling penting di pertengahan abad ke-20, yang terkenal karena mahakarya pemenang Hadiah Pulitzer, Death of a Salesman — meninggal di Connecticut.

Pesawat ruang angkasa Galileo

1990

Pesawat ruang angkasa Galileo terbang melewati Venus dalam perjalanan ke Jupiter.

Pertukaran tahanan AS-Rusia

1962

Penerbang AS Francis Gary Powers, pilot pesawat U-2 yang ditangkap oleh Uni Soviet pada tahun 1960, ditukar dengan informan Soviet yang dipenjara AS, Rudolf Abel.

Laura Wilder meninggal

1957

Penulis Amerika Laura Ingalls Wilder, yang menulis seri buku anak-anak Little House yang populer, meninggal.

Inggris taklukkan Sikh

1846

Inggris menaklukkan Sikh di barat laut India dalam Pertempuran Sobraon, pertempuran paling menentukan dalam Perang Sikh Pertama.

Mereka yang lahir pada hari ini:

Montesquieu (lahir 18 Januari 1689, meninggal 10 Februari 1755, nama lengkapnya Charles-Louis de Secondat, baron de La Brède et de Montesquieu, lahir di Château La Brède, dekat Bordeaux, Prancis dan di Paris), merupakan filsuf politik Prancis yang karyaa utamanya, The Spirit of Laws, merupakan sumbangan besar bagi teori politik.

Boris Leonidovich Pasternak, di Moskow, Rusia pada 1890, dan meninggal pada 30 Mei 1960, di Peredelkino, dekat Moskow, merupakan penyair Rusia yang novelnya berjudul “Doctor Zhivago” membuatnya memenangkan Hadiah Nobel untuk Sastra pada 1958, tetapi menimbulkan begitu banyak tentangan di Uni Soviet sehingga dia menolak kehormatan itu. Sebuah epik pengembaraan, isolasi spiritual, dan cinta di tengah kerasnya Revolusi Rusia. Novel ini menjadi buku terlaris internasional tetapi hanya beredar secara rahasia.


Sumber: Britannica



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com