bar-merah

Short story, Presiden AS: William Henry Harrison (4 Maret 1841 – 4 April 1841)

Presiden AS William Henry Horison
Presiden AS ke-9 William Henry Horison (Quotesgram)

ZONAUTARA.comWilliam Henry Harrison (9 Februari 1773 – 4 April 1841) adalah seorang pemimpin militer, politikus, dan Presiden kesembilan Amerika Serikat.

Dia menjabat sebagai Gubernur Wilayah Indiana pertama dan kemudian sebagai Perwakilan dan Senator AS dari Ohio.

Harrison pertama kali memperoleh ketenaran nasional karena memimpin pasukan AS melawan orang Indian Amerika di Pertempuran Tippecanoe pada tahun 1811 dan mendapatkan julukan “Tippecanoe” (atau “Old Tippecanoe”).

Sebagai seorang jenderal dalam Perang berikutnya tahun 1812, kontribusinya yang paling menonjol adalah kemenangan di Pertempuran Sungai Thames, yang membawa perang di wilayahnya ke kesimpulan yang sukses.

Ketika Harrison menjabat Presiden Amerika Serikat pada tahun 1841 pada usia 68 tahun, dia adalah orang tertua yang menjadi Presiden – rekor yang bertahan selama 140 tahun, sampai Ronald Reagan menjadi Presiden pada tahun 1981 pada usia 69 tahun.

Harrison meninggal dunia tiga puluh satu hari usai menjadi Presiden. Dialah presiden terpendek dalam sejarah Amerika Serikat. Dia juga Presiden AS pertama yang meninggal saat menjabat. Kematiannya membuat negara tersebut mengalami krisis konstitusional.

Quote terkenal

“I contend that the strongest of all governments is that which is most free.”

“There is nothing more corrupting, nothing more destructive of the noblest and finest feelings of our nature, than the exercise of unlimited power.”

“The only legitimate right to govern is an express grant of power from the governed.”

“I believe and I say it is true Democratic feeling, that all the measures of the Government are directed to the purpose of making the rich richer and the poor poorer.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com