bar-merah

Dalam 5 tahun sudah 4 orang di Guinea jadi korban virus Ebola

virus ebola
Seorang pria Liberia membaca tulisan di dinding tentang bahaya virus Ebola di Monrovia, Liberia pada 19 November 2014. | EPA/AHMED JALLANZO

ZONAUTARA.com – Menteri Kesehatan Guinea mengatakan para pejabat terkait di negaranya ‘sangat prihatin dengan kematian yang diakibatkan oleh virus Ebola di wilayah tenggara Nzerekore.

Empat orang telah meninggal karena Ebola di Guinea dalam kebangkitan pertama penyakit itu selang lima tahun, kata menteri kesehatan pada hari Sabtu.

Remy Lamah mengatakan kepada AFP ini yang pertama sejak epidemi terjadi pada tahun 2013-2016 yang dimulai di Guinea -dan menyebabkan 11.300 orang tewas di seluruh wilayah.

Salah satu korban terbaru di Guinea adalah seorang perawat yang jatuh sakit pada akhir Januari dan dimakamkan pada 1 Februari, kata kepala Badan Keamanan Kesehatan Nasional Sakoba Keita kepada media setempat.

“Di antara yang ikut penguburan, delapan orang menunjukkan gejala: diare, muntah, dan berdarah,” katanya. Tiga dari mereka meninggal dan empat lainnya sedang dirawat di rumah sakit.

Baca pula: Seorang wanita meninggal karena Ebola di Kongo

Empat kematian akibat demam berdarah Ebola terjadi di wilayah tenggara Nzerekore, katanya.

Keita juga mengatakan kepada media lokal bahwa satu pasien telah “melarikan diri” tetapi telah ditemukan dan dirawat di rumah sakit di ibu kota Conakry. Dia mengkonfirmasi komentar tersebut kepada AFP tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengamati setiap wabah baru sejak 2016, dan memperlakukan situasi terbaru di Republik Demokratik Kongo (DRC) sebagai darurat kesehatan internasional.

DRC telah menghadapi beberapa wabah penyakit, dan WHO pada hari Kamis mengkonfirmasi adanya Ebola setelah pihak berwenang mengumumkan wabah terbaru di negara itu.

Negara itu telah mengumumkan epidemi selama enam bulan yang berakhir pada November tahun lalu. Itu adalah wabah Ebola ke-11 di negara itu, merenggut 55 nyawa dari 130 kasus.

Penggunaan vaksinasi secara luas, yang diberikan kepada lebih dari 40.000 orang, membantu mengekang penyakit tersebut.

Wabah yang terjadi pada 2013-2016 mempercepat pengembangan vaksin melawan Ebola, dengan persediaan darurat global 500.000 dosis yang direncanakan untuk menanggapi wabah di masa depan dengan cepat, kata aliansi vaksin Gavi pada Januari.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com