Short story, Presiden AS: James K. Polk (4 Maret 1845 – 4 Maret 1849)

  • Share
Presiden AS James Polk.
Presiden Amerika Serikat kesebelas, James K Polk (Foto: Britannica)

ZONAUTARA.com James Knox Polk (2 November 1795 – 15 Juni 1849) adalah Presiden Amerika Serikat yang kesebelas.

Polk lahir di Mecklenburg County, North Carolina, tetapi sebagian besar tinggal di dan mewakili negara bagian Tennessee. Dia adalah seorang Demokrat, Polk menjabat sebagai Ketua DPR (1835-1839) dan Gubernur Tennessee (1839-1841) sebelum menjadi presiden.

Polk yang merupakan pendukung kuat Andrew Jackson, adalah presiden “kuat” terakhir sebelum Perang Saudara Amerika.

Polk terkenal karena keberhasilan kebijakan luar negerinya. Dia mengancam perang dengan Inggris kemudian mundur dan membagi kepemilikan Northwest dengan Inggris. Dia bahkan lebih terkenal karena memimpin Perang Meksiko-Amerika yang sukses.

Dia menurunkan tarif dan membentuk sistem perbendaharaan yang bertahan hingga 1913. Seorang calon “kuda hitam” pada tahun 1844, dia adalah presiden pertama yang pensiun setelah satu masa jabatan dan tidak mencalonkan diri kembali. Dia meninggal tiga bulan setelah masa hukumannya berakhir.

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Sebagai seorang Demokrat yang berkomitmen untuk ekspansi geografis (atau Manifest Destiny), ia mengesampingkan keberatan Whig dan bertanggung jawab atas perluasan terbesar wilayah negara. Ini melebihi Pembelian Louisiana.

Polk mengamankan Wilayah Oregon (termasuk Washington, Oregon dan Idaho), kemudian membeli 1,2 juta mil persegi (3,1 juta km²) melalui Perjanjian Guadalupe Hidalgo yang mengakhiri Perang Meksiko-Amerika. Pada akhirnya, Polk menyelesaikan akuisisi sebagian besar dari 48 negara bagian yang berdekatan saat ini.

Ekspansi tersebut membuka kembali perdebatan sengit tentang memperbolehkan perbudakan di wilayah baru. Kontroversi itu tidak cukup diadili oleh Kompromi tahun 1850, dan hanya menemukan resolusi akhirnya di medan perang Perang Saudara AS.

Polk menandatangani Tarif Walker yang membawa era perdagangan bebas hampir ke semua wilayah negara itu sampai 1861. Dia mengawasi pembukaan Akademi Angkatan Laut AS dan Smithsonian, terobosan untuk Monumen Washington, dan penerbitan prangko pertama di Amerika Serikat.

Dia adalah Presiden Amerika Serikat pertama yang sering difoto saat menjabat. Para sarjana telah menempatkannya di peringkat 8 hingga 12 dalam daftar presiden terhebat karena kemampuannya untuk menetapkan agenda dan mencapai semua itu.

Baca Pula:  Joe Biden ucapkan selamat HUT kemerdekaan untuk Indonesia

Quote penting

“No president who performs his duties faithfully and conscientiously can have any leisure.”

“The passion for office among members of Congress is very great, if not absolutely disreputable, and greatly embarrasses the operations of the Government. They create offices by their own votes and then seek to fill them themselves.”

“Peace, plenty, and contentment reign throughout our borders, and our beloved country presents a sublime moral spectacle to the world…”

“One great object of the Constitution was to restrain majorities from oppressing minorities or encroaching upon their just rights.” (Salah satu tujuan besar Konstitusi adalah untuk menahan mayoritas dari penindasan minoritas atau melanggar hak-hak mereka yang adil)

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com